3 Tips Mengingat Apa Yang Kamu Baca

Aktivitas membaca merupakan hal yang sangat digemari bagi sebagian orang. Membaca merupakan salah satu cara paling mudah yang dapat kamu lakukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mu. Selain itu, orang-orang membaca untuk berbagai tujuan seperti memperkaya ilmu, hiburan, menghilangkan stres atau sekedar mencari inspirasi melalui tulisan dan cerita yang ada di dalam buku.

Kebanyakan dari mereka yang suka membaca mendapati kesulitan dalam hal mengingat apa yang telah dibaca. Hal tersebut adalah wajar, hampir setiap orang mengalami nya karena otak kita memiliki batasan tertentu dalam mengingat suatu hal. Namun, setidaknya terdapat 3 (tiga) tips yang dapat membantu kamu mengingat apa yang telah kamu baca sebelum nya.

1. Gunakan Catatan (Take notes)

Buatlah catatan dalam format bullet, pisahkan bab utama dan konsep-konsep kunci. Catatlah hal-hal yang kamu rasa penting dan perlu di ingat. Tambahkan juga nomor halaman pada margin sehingga kamu dapat dengan mudah membuka bagian tersebut jika ingin membaca suatu waktu. Jika buku nya adalah buku fiksi, catatlah beberapa ide kunci atau kalimat-kalimat yang membuat mu takjub. Selain itu, kutip juga kalimat-kalimat yang benar-benar kamu sukai.

2. Ceritakan ke Orang Lain (Tell someone else about it)

Jika ada sesuatu yang kamu suka dalam buku itu (entah itu alur nya, tokoh nya, cerita nya, konsep nya, atau hal menarik lain nya), cara terbaik untuk mengingat secara detail adalah dengan menceritakan nya. Caranya, diskusikanlah buku tersebut dengan teman mu. Manfaatnya: Kamu akan mendapatkan pandangan-pandangan yang baru dari teman mu dan hal tersebut secara tidak langsung akan membantu memperkuat ingatan mu tentang buku tersebut.

3. Baca Kembali (Re-read it)

Biasanya kita tidak akan bosan membaca kembali buku favorit kita atau suatu buku yang memilki bahasa dan gaya penulisan yang indah. Membaca kembali buku yang kamu baca dapat membantu kamu untuk mengingat dan memperkuat apa yang telah kamu ketahui dan pelajari sebelumnya, memberikan mu perspektif yang segar setelah mendapatkan lebih banyak pengalaman dibandingkan saat pertama kali kamu baca.

Tips Tambahan:

  • Cobalah untuk membaca dengan seksama untuk mendapatkan ide atau pokok pikiran yang lebih baik dalam bacaan.
  • Cobalah untuk menebak apa kira-kira yang penulis ingin sampaikan sebelum kamu membaca setiap bab nya.
  • Cobalah untuk membayangkan apa yang kamu baca dan coba diskusikan hal tersebut dengan dirimu sendiri (Tanya: Apa tujuan dari paragraf ini ? Mengapa harus demikian? dsb).

***

Membacalah sebanyak mungkin. Membacalah setiap hari. READ A LOT. Seiring dengan berjalan nya waktu, kamu akan menjadi pembaca yang lebih baik, kamu akan lebih siap, lebih menikmati setiap rangakaian kalimat yang terkandung dan akan terbiasa untuk mengingat banyak hal dari buku tersebut.

Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *