Temukan Lentera Jiwa Bersama Andy F Noya

Apakah Anda penggemar program televisi “Kick Andy!” yang ditayangkan di Metro TV ? Jika ya, tentu Anda mengenal Andy Flores Noya. Beliau adalah wartawan dan presenter televisi Indonesia, beliau lebih dikenal saat membawa acara Kick Andy di Metro TV.

Hari ini 8 Mei 2016, dalam acara Wishing Candle yang diselenggarakan oleh BLIA YAD Indonesia, mereka mengundang Andy F Noya sebagai pembicara utama nya yang didampingi oleh Nugie.  Ini adalah salah satu acara yang saya tunggu-tunggu karena saya sendiri merupakan penggemar program Kick Andy di Metro Tv.

wishingcandle2016

Acara yang berlangsung di Regale International Convention Centre ini dihadiri oleh lebih dari 1.700 orang yang sebagian besar merupakan para remaja. Acara Wishing Candle ini merupakan acara tahunan yang dihadiri oleh berbagai pembicara kreatif untuk memberikan ajaran, motivasi, membagikan pengalaman dan ide maupun gagasan kepada orang-orang yang mengikuti acara ini khusus nya para remaja.

Wishing Candle tahun ini bertemakan “Lentera Jiwa” yang membahas tentang sebuah passion atau kata hati, ungkapan yang digunakan ketika kita mencari dan akhirnya menemukan panggilan jiwa kita dalam bekerja dan menjalani hidup.

andynoya1

andynoya2
Foto Andy Noya yang sedang membawakan acara Wishing Candle di hadapan 1.700 penonton yang hadir di Regale International Convention Center.

Banyak hal yang diceritakan oleh Bang Andy, beliau banyak menceritakan kisah tokoh-tokoh sukses yang mengikuti kata hati nya dalam menjalani hidup. Yang pertama, Bara Patiradjawane. Nyaris menjadi Diplomat, Bara memilih menjadi seorang chef. Pria yang pernah mengambil kuliah jurusan Hubungan Internasional di salah satu universitas di Austria ini memang awalnya bercita-cita menjadi diplomat. Namun, setelah dipikir-pikir, ia merasa tidak cocok bekerja seperti itu, ia merasa lentera jiwa nya adalah untuk memasak. Terbukti saat ini Bara Patiradjawane telah berhasil dengan mengikuti lentera jiwa nya, setelah sukses dengan program “Gula-gula” yang ada di Trans Tv, Bara juga membuka sebuah bistro di daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Ia juga telah meluncurkan sebuah buku resep atas nama nya sendiri.

Tokoh yang kedua yaitu Wahyu Aditya. Ayah nya seorang dokter, Ibu nya dokter, saudara-saudara nya juga dokter, tetapi beliau memilih untuk mengikuti lentera jiwa nya untuk terjun ke dunia desain. Ia melanjutkan kuliah di jurusan multimedia di KvB Institute of Technology Sydney, Australia. Setelah lulus dengan predikat cum laude, Adit bergabung ke Trans Tv sebagai creative designer dan animator. Ia juga mendirikan KDRI (Kementrian Desain Republik Indonesia) secara online menggunakan alamat website http://www.menteridesainindonesia.blogspot.com. Di situs itu terpasang foto-foto anak-anak muda mengenakan kaus bertema Indonesia di berbagai tempat. Ada yang memakai kaus berlogo burung garuda di puncak Gunung Merbabu. Ada yang berfoto dengan mengenakan kaus Love NKRI di Piramida Mesir, di Hongkong, di Singapura, dan tempat-tempat lain di seluruh dunia. Belum puas sampai disana, ia juga mendirikan Hello Motion Academy, perusahaan yang di bangun nya melalui sertifikat tanah orang tuanya senilai 400 juta dan sekarang memiliki omzet kasar mencapai 1,5 miliar per tahun nya.

Yang ketiga Andri Rizki Putra. Lulus dengan paket C saat SMA, Rizki diterima di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan lulus dengan predikat Cumlaude. Ia juga mendirikan Yayasan Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) dimana yayasan ini memberikan program pendidikan kesetaraan dengan sistem paket kepada masyarakat yang tidak bisa merasakan bangku sekolah, tanpa ada batasan usia. Saat ini Rizki sedang siap-siap untuk melanjutkan studi S2 nya di Harvard Graduate School of Education.

Keempat yaitu Sugeng Siswoyudoyono. Bercita-cita menjadi tentara saat kecil, namun cita-cita itu harus ia kubur setelah mengalami kecelakaan saat usia 19 tahun yang menyebabkan kaki kanan nya harus di amputasi. Tetapi hal tersebut tidak membuat nya patah semangat dan tetap menjalani kehidupan nya dengan optimis. Berkali-kali gonta-ganti kaki palsu, namun tidak ada yang cocok. Akhirnya ia berinisiatif untuk membuat kaki palsu sendiri hingga karya nya di patenkan dan diundang dalam acara Kick Andy hingga saat ini orang-orang mengenal siapa Sugeng Siswoyudoyono itu. Terlebih lagi, semua servis yang diberikan pada pasien-pasien nya tidak dipatok bayaran seperserpun alias gratis. Hingga saat ini ia telah menyumbangkan lebih dari 5.000 kaki palsu gratis yang ia buat sendiri untuk orang-orang yang bernasib sama dengan beliau. Dengan ketrampilan yang ia miliki, pak Sugeng tidak hanya menggunakan nya untuk diri sendiri, tetapi ia membantu saudara-saudara nya yang lain yang bernasib sama dengan beliau.

Dan yang terakhir yang sekaligus menjadi pengisi acara dalam acara ini yaitu Nugie. Keinginan Nugie berkarir di dunia musik sempat mendapat tentangan dari sang ayah. Ayahnya mengharapkan Nugie untuk menyelesaikan kuliahnya dari FISIP UI, namun karena keasyikan nya bermusik membuat kuliahnya keteteran hingga ia memilih untuk putus kuliah. Mengikuti lentera jiwa nya dalam bermusik serta dukungan dari sang kakak, Katon Bagaskara, Nugie terus bermusik hingga ia rutin merilis album sejak tahun 1995 hingga 2003. Pada tahun 2009 Nugi bergabung dengan sebuah band yang bernama the Dance Company dan menelurkan 2 single yaitu Papa Rock ‘n Roll dan Coba Kau Bayangkan yang bisa dikatakan cukup hits pada saat itu.

Di penghujung acara, Bang Andy meminta 40 orang yang bersedia untuk ke atas panggung, langsung saja semua orang-orang berlarian ke atas panggung hingga jumlah nya saya yakin hampir mencapai 100 orang. Hahaha.

IMG_20160509_091352
Foto para peserta berfoto bersama Andy Noya yang saya ambil dari salah satu teman saya.

Ternyata, mereka yang ke atas panggung akan diberikan kesempatan untuk berfoto bareng Andy Noya dan diberikan buku gratis. Sungguh beruntung 😀

Bang Andy banyak memberikan contoh kesuksesan dari tokoh-tokoh yang mengikuti kata hati dan lentera jiwa nya dalam menjalani hidup kepada kami para anak muda yang masih rentan dalam mencari jati dirinya, yang masih mudah untuk tergoncang dalam menentukan apa yang ingin dilakukan di masa depan. Peran orang tua merupakan faktor penting bagi anak untuk menentukan jalan hidup nya. Orang tua yang open minded akan membebaskan anaknya dalam menentukan pilihan sesuai dengan talenta dan jiwanya walaupun tidak sedikit orang tua yang masih mendoktrin anaknya untuk melakukan sesuatu sesuai keinginan nya. Hidup adalah pilihan, namun akan lebih baik jika kita memilih untuk menjadi diri sendiri, melakukan hal yang kita senangi dan gemari daripada menjadi apa yang orang lain inginkan.

Setelah mengisi acara kurang lebih selama 3 jam, Andy Noya dan tim nya lantas berpamitan dan langsung menuju keluar gedung. Banyak orang yang mengikuti nya dari belakang dengan tujuan untuk berfoto bersama.

andynoya4
Suasana di luar gedung saat orang-orang sedang mengantri untuk berfoto bersama Andy Noya.

Tak mau ketinggalan, saya juga pergi menghampiri bang Andy dan meminta foto bareng. Seperti inilah penampakan nya :

me with andy

Cukup puas rasanya dapat berfoto dengan salah satu presenter favorit saya, hahaha.

***

Banyak orang tidak mengetahui apa yang mereka inginkan dan mereka kecewa karena mereka tidak mendapatkan nya. Kalau kamu tidak tahu persis apa yang kamu inginkan, coba kamu mereka-reka yang paling mendekati dan mulailah dari sana. Ikutilah kata hati, lakukan apa yang paling kamu inginkan dan paling kamu senangi untuk lakukan, misi dalam kehidupan bukan hidup tanpa masalah, tetapi hidup dengan lebih bersemangat.

Mengutip tulisan Whit Hobbs, “Sukses adalah bangun pagi-pagi, siapapun Anda, di manapun Anda, seberapa tua atau muda pun Anda, dan melompat dari tempat tidur karena ada sesuatu yang senang Anda kerjakan, yang Anda yakini, yang Anda mahiri -sesuatu yang lebih besar daripada Anda, dan Anda tidak sabaran untuk mengerjakannya lagi hari ini.”.

Sekian, semoga bermanfaat.

One Reply to “Temukan Lentera Jiwa Bersama Andy F Noya”

  1. Hello Bang Andi f Noya.sosok presenter yg baik , kisah anak negeri dan karya generasi d pelosok ini.selalu dpt perhatian kamu. Good is the best.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *