Review Buku: ‘As a Man Thinketh’ Oleh James Allen

Pikiran adalah sesuatu yang membedakan antara saya dengan Anda. Pikiran juga yang membawa tubuh ini menjadi apa yang selama ini kita impikan. Suatu individu terbentuk dari hasil pemikirannya. Karakternya juga terukir dari akumulasi pikiran nya selama ini.

Buku ini membahas dengan mendalam apa itu pikiran.

Tindakan adalah hasil dari pemikiran, dan kebahagiaan atau penderitaan adalah buah nya. Seseorang akan memetik sendiri buah dari bibit yang ia tanam.

Sama seperti pikiran. Pikiran dan tindakan yang baik tidak akan menghasilkan sesuatu yang buruk. Pikiran dan prilaku yang buruk tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Dalam buku ini juga dijelaskan bahwa pikiran itu ibarat taman. Taman kita dapat tumbuh subur dan berbunga, namun jika tidak ada bibit untuk ditanam maka tidak menutup kemungkinan tumbuhnya rumput liar dan semak belukar. Dengan kata lain, jika pikiran ini tidak diberi makan oleh hal-hal positif, maka secara alamiah, pikiran negatif yang tidak bermanfaatlah yang akan muncul.

Setiap bibit pikiran yang kita tanam akan tumbuh dan berakar disana, menghasilkan buah nya cepat atau lambat. Pikiran yang baik menghasilkan buah yang baik, pikiran buruk menghasilkan buah yang buruk.

Pikiran juga erat kaitannya dengan mimpi atau impian. Sesuatu yang kita dambakan dan kita pikirkan terus menerus.

Pemimpi adalah penyelamat dunia. Coba kita lihat para ilmuwan, pebisnis, seniman, arsitek, mereka adalah pembentuk dunia hingga menjadi sekarang ini. Dan pada umumnya, mereka memulai semua ini dari nol dan hanya bermodalkan visi yang ia yakini.

Ia yang percaya pada visi dan mimpinya serta tidak pernah menyerah untuk meraihnya suatu saat akan mewujudkannya. Columbus bermimpi untuk mencari dunia baru, dan ia menemukannya; Copernicus berkeyakinan bahwa ada dunia alam semesta diluar bumi ini, dan ia berhasil mengungkapkannya; Buddha melihat visi dunia yang indah, murni dengan kedamaian yang sempurna; dan ia berhasil memasukinya.

Setiap orang harus memiliki visi, karena itu adalah jalan dimana kita akan menuju.

Dalam seluruh kehidupan manusia, terdapat istilah usaha dan hasil. Kekuatan dari usaha kita diukur dari hasil yang kita peroleh. Jadi, saya belajar dari buku ini bahwa apabila hasil yang kita peroleh tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, itu berarti usaha kita lah kurang maksimal, atau usaha kita yang kurang tepat sasaran dan belum sempurna.

Pikiran, impian, dan usaha, itulah yang membentuk kehidupan kita dan akan menjadi apa kelak kita di masa depan.

The Vision that you glorify in your mind, the Ideal that you enthrone in your heart – this you will build your life by, this you will become. – James Allen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *