Profil Lengkap Universitas Ivy League

Di Amerika Serikat ada sebuah perkumpulan universitas yang di dalamnya terdapat delapan universitas tua yang elit dan bergengsi. Universitas ini setiap tahun nya selalu menjadi incaran banyak mahasiswa diseluruh dunia, khususnya di Amerika Serikat. Pasalnya, universitas ini memang sudah terkenal selama puluhan bahkan ratusan tahun karena kualitas dan reputasi nya. Perkumpulan universitas tersebut dikenal dengan nama Ivy League.

Selain terkenal akan reputasi dan kualitas pengajaran nya, universitas-universitas Ivy League ini juga terkenal karena sulit nya masuk dan menjadi mahasiswa di universitas tersebut karena persaingan nya yang sangat kompetitif.

Nah, universitas apa sajakah yang termasuk Ivy League ? Check this out.

1. Harvard University

Peringkat (QS Univ Ranking): 3 (Dunia), 3 (Nasional) 

Lokasi: Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat

Tingkat Penerimaan: 5,4%

Jumlah Mahasiswa: 17.260 (Domestik), 4.706 (Internasional)

Jumlah Staf Akademik: 2.147 (Domestik), 2.179 (Internasional)

Unggul di Bidang: Hukum, Ekonomi, Kedokteran, Sosial & Politik

Harvard merupakan salah satu universitas terbaik di dunia. Setiap tahun nya puluhan ribu calon mahasiswa dari seluruh dunia mendaftar di universitas ini dan hanya 5,4% dari mereka yang diterima. Universitas ini memiliki reputasi yang cukup baik hampir diseluruh bidang, terutama dalam bidang hukum, ekonomi, sosial dan politik. Para profesor di universitas ini pun merupakan yang terbaik di bidang nya.

Harvard juga merupakan universitas tertua di Amerika Serikat. Didirikan sejak tahun 1636, Harvard telah mencetak banyak orang-orang berpengaruh di dunia seperti Barrack Obama, John F. Kennedy, Bill Gates (Drop out), Mark Zuckerberg (Drop out), dan masih banyak lagi.

2. Princeton University

Peringkat (QS Univ Ranking): 11 (Dunia), 6 (Nasional) 

Lokasi: Princeton, New Jersey, Amerika Serikat

Tingkat Penerimaan: 6,5%

Jumlah Mahasiswa: 6.267 (Domestik), 1.668 (Internasional)

Jumlah Staf Akademik: 709 (Domestik), 244 (Internasional)

Unggul di Bidang: Seni, Sastra, Ilmu Alam

Princeton merupakan universitas yang memiliki reputasi tinggi, ia hampir selalu berada di 10 besar peringkat universitas terbaik di Amerika. Universitas ini lebih berfokus pada siswa undergraduate/sarjana nya. Selain itu, universitas ini juga terkenal dengan fakultas seni nya yang merupakan salah satu terbaik di dunia.

3. Yale University

Peringkat (QS Univ Ranking): 15 (Dunia), 7 (Nasional) 

Lokasi: New Haven, Connecticut, Amerika Serikat

Tingkat Penerimaan: 6,3%

Jumlah Mahasiswa: 9.853 (Domestik), 2.465 (International)

Jumlah Staf Akademik: 3.139 (Domestik), 1.644 (International)

Unggul di Bidang: Seni, Sastra, Kedokteran

Setiap tahun nya, Yale bersama dengan Harvard, MIT dan Stanford selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik di Amerika. Banyak siswa Amerika yang berlomba-lomba ingin kuliah di universitas ini. Sama seperti Princeton, universitas ini juga sangat menonjol dalam bidang seni. Yale merupakan salah satu pionir di Amerika. Selain dari segi kualitas, universitas ini juga sangat indah. Bangunan nya yang khas bergaya gothic menjadi ciri tersendiri bagi Yale.

4. Columbia University

Peringkat (QS Univ Ranking): 20 (Dunia), 11 (Nasional) 

Lokasi: New York, Amerika Serikat

Tingkat Penerimaan: 6%

Jumlah Mahasiswa: 17.098 (Domestik), 7.610 (International)

Jumlah Staf Akademik: 5.371 (Domestik), 953 (International)

Unggul di Bidang: Seni, Sastra, Ilmu Sosial & Manajemen

Universitas yang berada di tengah kota New York ini merupakan salah memang sudah terkenal dari segi kualitas pengajaran nya. Yang menjadi poin plus dari universitas ini bagi sebagian orang adalah lokasi nya. Columbia berada di tengah-tengah kota New York, dimana kamu bisa merasakan kehidupan the big apple dan mendapatkan pengalaman yang menarik disana.

5. Cornell University

Peringkat (QS Univ Ranking): 16 (Dunia), 8 (Nasional) 

Lokasi: Ithaca, New York, Amerika Serikat

Tingkat Penerimaan: 14,1%

Jumlah Mahasiswa: 17.279 (Domestik), 4.392 (International)

Jumlah Staf Akademik: 1.777 (Domestik), 946 (International)

Unggul di Bidang: Seni, Ilmu Alam, Teknik & Teknologi

Jika saya dapat memilih untuk kuliah di salah satu dari delapan universitas Ivy League ini, maka saya akan memilih Cornell. Kenapa ? Karena universitas ini merupakan universitas Ivy League yang terbaik dalam bidang teknologi. Selain itu universitas ini juga sangat indah, berada jauh dari pusat kota New York, pemandangan alami yang ditawarkan universitas ini tidak dapat diperoleh di universitas Ivy League lainnya. Cornell merupakan pilihan yang tepat jika menginginkan lingkungan kuliah yang tenang dan jauh dari hiruk piruk kota besar.

6. Brown University

Peringkat (QS Univ Ranking): 49 (Dunia), 19 (Nasional) 

Lokasi: Providence, Rhode Island, Amerika Serikat

Tingkat Penerimaan: 9,3%

Jumlah Mahasiswa: 7.112 (Domestik), 1.828 (International)

Jumlah Staf Akademik: 890 (Domestik), 342 (International)

Unggul di Bidang: Seni, Sastra, Ilmu Alam, Teknik

Universitas tempat Emma Watson berkuliah ini merupakan universitas yang hampir baik dalam segala bidang. Brown merupakan universitas yang tidak memiliki terlalu banyak mahasiswa, ukuran nya relatif lebih kecil dari universitas Ivy League yang lain. Namun, dari sana kita dapat lebih mendekatkan diri dengan para profesor disana. Rasio yang lebih kecil antara mahasiswa dan pengajar membuat mahasiswa dapat lebih mudah berinteraksi ataupun berkonsultasi dengan pengajar. Universitas ini juga dinilai sebagai universitas yang mahasiswa nya paling bahagia di Amerika Serikat menurut penilaian dari Princeton Review.

7. University of Pennsylvania

Peringkat (QS Univ Ranking): 18 (Dunia), 10 (Nasional) 

Lokasi: Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat

Tingkat Penerimaan: 9,4%

Jumlah Mahasiswa: 16.395 (Domestik), 4.048 (International)

Jumlah Staf Akademik: 4.360 (Domestik), 1.016 (International)

Unggul di Bidang: Kedokteran, Ilmu Sosial, Ekonomi

Universtiy of Pennslyvania terkenal dengan ilmu ekonomi nya yang kuat. Wharton School of Business menjadi alasan mengapa universitas ini memiliki program ekonomi yang kuat. Wharton dengan program MBA nya yang merupakan salah satu yang terbaik di Amerika memberikan jaringan alumni yang kuat. Hal ini tentu memberikan keuntungan bagi setiap mahasiswa yang baru lulus dan akan terjun ke dunia karir. Beberapa alumni yang terkenal dari universitas ini yaitu presiden Amerika Serikat tahun 2017 Donald Trump, Warren Buffet, John Legend, Elon Musk dan masih banyak lagi.

8. Darthmouth College

Peringkat (QS Univ Ranking): 158 (Dunia), 41 (Nasional) 

Lokasi: Hanover, New Hampshire, Amerika Serikat

Tingkat Penerimaan: 10,5%

Jumlah Mahasiswa: 5.207 (Domestik), 931 (International)

Jumlah Staf Akademik: 900 (Domestik), 28 (International)

Unggul di Bidang: Seni, Manajemen, Teknik

Dartmouth mungkin menjadi salah satu universitas Ivy League yang peringkatnya berada dibawah yang lainnya. Namun, universitas ini tetap menjadi incaran banyak calon mahasiswa di Amerika dan tingkat penerimaan nya juga sangat kompetitif yaitu 10,5%. Universitas ini juga tidak memiliki banyak mahasiswa dan rasio mahasiswa terhadap pengajar nya juga kecil yaitu 7 : 1, hal ini memberikan keuntungun tersendiri bagi mahasiswa untuk dapat berkomunikasi lebih baik dengan para profesor disana.

***

Kedelapan universitas tersebut telah diakui dunia dari segi kualitas nya dalam bidang pendidikan. Di universitas Ivy League manapun kamu berkuliah, itu bukanlah pilihan yang salah. Universitas ini menarik para mahasiswa-mahasiswa yang atraktif, pintar, dan pekerja keras dari seluruh dunia. Kamu juga akan belajar dari orang-orang yang terbaik di bidang nya. Yang pasti, belajar di salah satu universitas diatas tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan dalam hidup.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *