Mengapa Bing Tidak Lebih Baik Dari Google ?

Bing merupakan mesin pencari yang di kembangkan oleh Microsoft dengan harapan mampu menyaingi keberadaan Google sebagai raksasa mesin pencari saat ini. Membangun kualitas hasil pencarian sebanding dengan Google tentu merupakan tantangan tersendiri bagi Bing. Berbagai fitur yang ditawarkan oleh Bing ternyata tidak cukup untuk dapat melumpuhkan Google. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ? Berikut adalah beberapa alasan mengapa Bing tidak lebih baik dari Google.

1. Google Mencuri Start

Google diciptakan pada tahun 1999, dimana Microsoft baru serius untuk mengembangkan mesin pencari pada tahun 2005. Sistem dan algoritma bersifat iterative, artinya mereka menjadi lebih baik dari waktu ke waktu karena terus ditingkatkan dari versis sebelumnya. Google memulai 6 tahun lebih awal dibandingkan Bing, itu memberikan Google lebih banyak waktu untuk beralih dan memperbaiki sistem dan algoritma mereka. Sebagai contoh konkrit, Google memiliki datacenter yang sungguh luar biasa (baca : How Google Invented an Amazing Datacenter Network Only They Could Create). Sedangkan Bing, mungkin cukup tertinggal dalam teknologi datacenter nya.

2. Google Memiliki Data Yang Jauh Lebih Besar

Mesin pencari bergantung pada data pengguna di masa lalu untuk meningkatkan performa algoritma di masa kini. Google memiliki 5-6 kali lipat pangsa pasar dibangdingkan Bing, Google juga memiliki 5-6 kali lipat data untuk di analisa dan digunakan pada algoritma nya. Jelas, data yang lebih besar dan lebih baik membuat kualitas algoritma mesin pencari semakin baik pula. Ini berarti, bahkan jika Bing menggunakan algoritma yang sama dengan Google, mereka masih akan tetap lebih buruk karena kurangnya data.

3. Google Merekrut Talenta Yang Lebih Baik

Antara tahun 2007-2012 perang mesin pencari benar-benar memanas. Google, karena reputasi nya serta inovasi-inovasi yang terus diciptakan mampu menarik orang dengan bakat-bakat yang lebih baik. Microsoft berada pada situasi yang sulit pada saat itu dan tidak mampu menarik talenta-talenta yang sama seperti Google. Orang-orang jenius dan bertalenta sangat peduli tentang pekerjaan dan manfaat yang akan mereka peroleh, hal ini sejalan dengan Google yang menawarkan gaji yang lebih tinggi.

4. Google Menginvestasikan Lebih Banyak Sumber Daya

Google berinvestasi lebih banyak sumber daya pada mesin pencari nya dibandingkan dengan Bing. Ini berarti bahwa Google memiliki lebih banyak orang yang bekerja pada mesin pencari nya daripada Bing, Google memiliki lebih banyak mesin yang bekerja ada sistem pencarian mereka. Secara keseluruhan, Google menginvestasikan lebih banyak uang di mesin pencari mereka dibandingkan dengan Bing.

5. Fokus Perusahaan

Fokus utama Google adalah membangun mesin pencari terbaik di dunia. Sedangkan Microsoft memberikan prioritas pada Windows dan Office. Perusahaan yang fokus pada satu hal (single-minded) membuat mereka membangun produk dengan lebih hebat. Lihat saja Apple.

***

Sangat sulit bagi Bing untuk mengalahkan Google dalam permainan nya sendiri. Satu-satu nya jalan bagi Bing untuk mengalahkan nya yaitu mengubah jalan nya permainan, mengubah apa artinya mesin pencari itu, membuat hal yang benar-benar baru yang membuat orang-orang mulai menggunakan nya sebagai cara utama untuk ber-internet.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *