Logo Baru Instagram, Pujian atau Sindiran ?

Instagram baru-baru ini telah melahirkan logo baru nya dan itu sepertinya akan menjadi kegagalan desain terbesar tahun ini. Logo Instagram yang lama sudah sangat ikonik dan familiar meskipun tergolong sedikit kuno serupa dengan kamera polaroid, tetapi logo itu sungguh memorable, orang-orang sudah menganggap inilah Instagram, ini dia Instagram, logo itu langsung dikenali dan sekarang hal tersebut sudah berubah total.

logo_instagram_baru

Rancangan logo baru Instagram menggunakan flat dengan outline putih serta latar belakang yang memadukan warna ungu, pink, jingga dan ungu seperti pelangi. Background warna-warni nya bertujuan membuat logo menjadi lebih mudah ditemukan diantara banyak aplikasi di layar homescreen. Tetapi aplikasi di homescreen sudah cukup warna-warni, membuat logo warna-warni bukan pilihan yang tepat karena malah semakin sulit untuk dilihat.

Walaupun pembuatan logo ini memakan waktu lebih dari 9 bulan, tetap saja logo baru ini banyak menerima kritikan dari dunia maya.

instagramlogocomment1         instagramlogocomment2

Komentar dari Dana D dan Chris Johnstone-Law. Keduanya merupakan seorang desainer.

instagramlogocomment3
Komentar lainnya dari para pengguna twitter.

“Bentuknya lebih mirip dengan kamera yang dipakai orang-orang saat ini”, kata Ian Spalter, Head of Design Instagram. “Pertanyaan nya kemudian, seberapa jauh kami melenceng ?” katanya. “Jika kami memberikan desain abstrak yang terlalu banyak, itu tidak melambangkan dengan sejarah dan jiwa dari Instagram. Setelah banyak perbaikan, kami memutuskan untuk tetap menggunakan ikon kamera dengan desain modern yang dapat bertahan untuk tahun-tahun mendatang.”

instagramoldnew

Perubahan tidak hanya terjadi pada logo, tetapi juga pada antar muka di dalam nya dimana notifikasi yang sebelum nya berwarna oranye sekarang menjadi warna merah. Kemudian tampilan nya diberi warna monochrome dengan perpaduan antara warna hitam dan putih. Perubahan antar muka ini dapat dikatakan cukup baik, karena tampilan nya terkesan menjadi lebih lapang, selain itu banyak nya ruang kosong atau space berwarna putih memang sedang menjadi tren saat ini.

Kembali ke logo. Beberapa orang mengatakan bahwa logo yang saat ini seperti karya anak SD, dapat dibuat dengan mudah bahkan dengan powerpoint, warna nya sungguh kewanitaan, horrible dan sangat melenceng dengan logo sebelumnya. Banyak pengguna internet yang meminta untuk mengubah kembali logo Instagram seperti sebelumnya. Ini sedikit membingungkan bagaimana mereka menganggap ini adalah sebuah perbaikan.

Can we change it back please ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *