Kuliah di Amerika atau Kanada?

Baik Amerika Serikat maupun Kanada keduanya merupakan negara favorit bagi pelajar dari berbagai pelosok dunia. Amerika menawarkan sederetan universitas dengan nama-nama besar seperti Harvard, Stanford, MIT dan masih banyak lagi. Sedangkan Kanada menawarkan kelebihan nya dari segi kualitas hidup, selain itu penduduk Kanada juga lebih ramah kepada warga negara asing.

Namun, kembali lagi kepada latar belakang dan bidang studi yang ingin kamu pelajari disana. Jika kamu ingin mempelajari bidang teknologi khususnya Ilmu Komputer, maka Amerika patut menjadi prioritas kamu karena universitas di Amerika merupakan yang terbaik dalam hal teknologi. Tetapi bukan berarti di Kanada universitasnya tidak bagus dalam hal teknologi, University of Waterloo atau University of Toronto perlu kamu pertimbangkan karena kualitas kedua universitas tersebut sangat baik dalam hal teknologi.

Jika kamu mencari universitas yang lebih gampang masuk nya, tentu Kanada lebih mudah dari pada Amerika. Universitas di Amerika lebih kompetitif daripada Kanada dalam hal seleksi masuknya. Namun, banyak yang mengatakan bahwa universitas di Kanada gampang masuknya tetapi sulit keluarnya. Yang pasti dari segi pendidikan, kedua negara tersebut tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Ini adalah beberapa poin yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih antara Amerika atau Kanada untuk berkuliah.

  • Visa – Dibandingkan dengan Amerika, visa Kanada lebih mudah untuk didapat.
  • Kualitas pendidikan – Keduanya sama baik. Namun universitas-universitas papan atas dunia mayoritas nya berada di Amerika.
  • Kualitas hidup – Kedua negara ini adalah negara maju, jadi kualitas hidup di kedua negara ini sudah pasti tinggi. Namun saya banyak membaca di forum-forum bahwa penduduk di Kanada pada umumnya lebih ramah pada warga negara asing.
  • Keamanan – Jika dibandingkan dengan Amerika, tingkat kriminalitas di Kanada jauh lebih rendah.
  • Peluang karir setelah lulus  – Keduanya menawarkan peluang yang bagus, apalagi jika kamu lulus dari universitas yang bereputasi tinggi. Namun, yang menarik dari Kanada adalah pemerintah Kanada mengizinkan para pelajar untuk bekerja selama dua tahun setelah lulus guna menerapkan ilmu yang telah dipelajari.
  • Peluang untuk menetap setelah lulus – Jika kamu berniat untuk menetap di negara tersebut, Kanada jauh lebih mudah dari pada Amerika. Jika kamu ingin pulang ke negara asal dengan membawa gelar dari universitas top dunia, kamu perlu memilih Amerika.
  • Biaya hidup – Ini tergantung tempat spesifik dimana kamu tinggal. Jika kamu tinggal di negara bagian California atau New York tentu biaya hidupnya lebih tinggi daripada Kanada. Namun jika kamu tinggal di negara bagian seperti Tennese, Ohio atau Oklahoma biaya hidupnya tidak beda jauh dengan Kanada.
  • Cuaca – Nah ini juga tergantung tempat spesifik dimana kamu ingin tinggal. Namun, seluruh wilayah di Kanada itu pada umumnya dingin. Berbeda dengan Amerika dimana negara bagian California atau Texas memiliki suhu yang hangat sekalipun pada musim dingin , sedangkan negara bagian Illinois, Massachusetts atau Ohio memiliki musim salju yang ekstrim.

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih negara untuk berkuliah, khususnya di Amerika dan Kanada. Pada akhirnya, apapun pilihanmu, kamu tidak akan salah, karena kedua negara tersebut sudah diakui akan kualitasnya. Kamu akan mendapatkan pengalaman yang berharga dari kedua negara tersebut.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *