Inilah Kenapa Orang India Bisa Sukses di Bidang IT

Diangkatnya Satya Nadella menjadi CEO Google menambah panjang deretan perusahaan yang dipimpin oleh orang India. Hingga saat ini mereka berhasil menduduki 15% perusahaan teknologi kecil –  menengah di Sillicon Valley.

Sebenarnya apa yang membuat orang dari negeri Taj Mahal tersebut bisa mendominasi posisi tinggi di Silicon Valley (markas perusahaan teknologi dunia) ?

indiait

1. Jaringan Besar di AS 30 Tahun Yang Lalu

Tiga puluh tahun yang lalu, para pendiri perusahaan di India berusaha keras membangun perusahaan dan jaringan nya di Silicon Valley. Jadi usaha mereka bukan baru seumur jagung, tetapi sudah mereka mulai sejak lama. Disana mereka terus membuat inovasi dan menciptakan hal-hal baru yang pada akhirnya membuat mereka mencapai puncak posisi jabatan tertentu. Kebanyakan dari mereka menempuh pendidikan/kuliah di AS dan bekerja pada perusahaan teknologi disana, seperti Sundar Pichai (CEO Google), Satya Nadella (CEO Microsoft), Rajeev Suri (CEO Nokia), Shantanu Narayen (CEO Adobe) dan masih banyak lagi.

2. Bahasa Inggris yang Baik

India merupakan salah satu negara yang dijajah cukup lama oleh Inggris. Hingga menjelang era kemerdekannya, India menetapkan bahasa inggris sebagai bahasa utama nya. Hal tersebut dapat dibuktikan oleh kemampuan bahasa Inggris orang India yang lebih baik dibandingkan negara maju seperti Cina atau korea.

Dengan dasar penguasaan bahasa inggris yang cukup baik, orang India mampu beradpatasi dengan cepat disana. Kemampuan berbahasa Inggris para insinyur, ilmuwan dan praktisi IT dari India tersebut merupakan anugrah besar bagi negara tersebut.

3. Pendidikan Kelas Dunia dalam Bidang IT

Mereka yang sekarang menduduki posisi penting di perusahaan top IT, merupakan lulusan dari Universitas-universitas top juga. Mereka sempat mengenyam bagaimana pendidikan kelas dunia, bagaimana kualitas pengajaran nya dari dosen-dosen kelas dunia serta fasilitas dan laboraturium yang lengkap dan cukup baik.

Sebut saja Sundar Pichai yang mendapat beasiswa dari Stanford University untuk belajar ilmu material dan semi konduktor, Thomas Kurian (President Oracle) yang menyelesaikan pendidikan nya dalam bidang Teknik Elektro di Princeton University, Rashmi Sinha (Co-Founder SlideShare) yang memperoleh gelar doktor dari Brown University.

Selain itu, banyak pemuda-pemuda India yang bermodal nekat untuk kuliah di Amerika. Mereka menyewa rumah yang kecil disana dan membayar secara patungan, hidup sederhana dan bekerja sambil kuliah. Setelah menyelesaikan pendidikan nya, mereka pun bekerja dan berkarir disana, dan tentunya hidup mereka menjadi lebih baik.

4. Gaya Kepemimpinan dan Manajemen yang Partisipatif

Gaya kepemimpinan para eksekutif India lebih cenderung ke arah manajemen partisif dengan membangun hubungan yang baik dengan bawahan nya. Mereka cenderung jauh dari sikap egosentris dan kasar yang menjadi gaya kepemimpinan CEO perusahaan pada umumnya.

Mereka juga akrab dengan perbedaan, di mana mereka terbiasa berbicara dengan bahasa yang berbeda dan menghadapi orang dari beragam agama. Gurnek Bains, pendiri dan lembaga konsultan psikologi YSC, mengatakan bahwa pemahaman orang India tentang perbedaan berasal dari tradisi banyak dewa, realitas yang beragam, dan perbedaan perspektif. ”Dengan demikian, mereka (orang India) dapat menyatu dalam perubahan dunia yang cepat di dalam industri teknologi informasi,” tutur penulis buku Cultural DNA: The Psychology of Globalization.

Namun, Berdasarkan penelitian YSC terhadap 200 eksekutif dari seluruh dunia membuktikan bahwa CEO asal India memiliki kekuatan untuk mencapai tujuan. Tetapi, para CEO dari India itu tidak memiliki kekuatan intelektual yang patut dibanggakan. Itu membuktikan bahwa tidak ada orang yang sempurna. ”Para eksekutif asal India sangat lemah dalam kerja sama tim di mana CEO asal Amerika dan Eropa memiliki keunggulan dalam hal itu,” tutur Bains.


Orang India telah berhasil membuktikan kiprah nya pada bidang IT di dunia, kita sebagai warga negara Indonesia juga harus mampu menunjukkan bahwa kita bisa. Potensi dan kualitas dari orang Indonesia juga tidak kalah, banyak orang Indonesia yang juga berhasil berkarir di negeri Paman Sam tersebut. Sekarang mari kita sama-sama terus belajar dan membuktikan bahwa kita juga mampu berkontribusi kepada indonesia bahkan dunia, Semangat !

Semoga Bermanfaat.


One Reply to “Inilah Kenapa Orang India Bisa Sukses di Bidang IT”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *