Hal Bermanfaat Untuk Mengisi Waktu Luang

Waktu luang merupakan kesempatan yang bagus untuk mengembangkan diri. Oleh karena itu, waktu luang perlu diisi dengan hal yang bermanfaat, karena itu terbatas. Di waktu luang saya, biasanya saya isi dengan berbagai macam kegiatan positif dan bermanfaat. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi apa saja yang biasanya saya lakukan di waktu luang saya.

1. Membaca

Ini adalah hal yang paling mudah, paling menyenangkan dan paling bermanfaat untuk mengisi waktu luang kita. Saya sering heran dengan diri saya sendiri, kenapa tidak dari dulu saat saya masih SD atau SMP saya senang membaca. Kenapa baru sekarang.  Seandainya saya dapat memutar kembali waktu ke masa itu, mungkin yang akan saya lakukan sepanjang hari hanya membaca.

Buku apapun itu bermanfaat untuk kita, selalu ada hal positif yang dapat kita petik. Namun, saya merekomendasikan buku-buku nonfiksi yang memang sudah terkenal akan kualitas isi nya seperti Rich Dad Poor Dad, The Outliers, The Power of Habit dan masih banyak lagi. Selain itu, membaca artikel-artikel berkualitas tinggi yang ada di New York Times, The New Yorker atau Scientific American juga merupakan ide yang bagus. Intinya, bacalah sebanyak mungkin.

(Baca: 10 Manfaat Membaca: Kenapa Kamu Perlu Membaca Setiap Hari)

2. Menulis

Menulis tidaklah mudah. Perlu kesabaran dan ketekunan didalam proses menulis. Namun, disaat kamu berhasil menyelesaikan tulisanmu, kamu akan merasakan kepuasan yang luar biasa. Menulis juga mempunyai segudang manfaat salah satunya melatih kamu untuk berpikir dengan sistematis. Artinya kamu merumuskan apa yang kamu pikirkan menjadi serangkaian kata yang logis. Buatlah blog dan coba untuk menulis, apapun itu.

3. Belajar Menulis Program

Siapa bilang kalau yang perlu menulis program itu orang yang kuliah komputer saja? Menurut saya setiap orang perlu belajar bagaimana menulis program agar mereka mengerti bagaimana cara kerja sebuah program. Seperti yang Steve Jobs pernah katakan, “Everybody in this country should learn how to program a computer… because it teaches you how to think.” Terlebih lagi, sekarang ini sudah banyak sekali situs untuk belajar pemrograman secara online. Saya merekomendasikan codecademy jika baru belajar untuk pertama kali, karena disana kita dapat langsung menulis kode program disertai dengan penjelasan dan tampilan yang interaktif.

4. Menonton TED Talks

Jika kamu lebih suka menonton daripada membaca, tidak ada salahnya kamu mencoba menonton TED Talks. Disana orang-orang dari berbagai belahan dunia dengan keterampilan dan skil tertentu berbagi pengetahuan dan pengalaman nya kepada banyak orang. Selain itu, menurut saya setiap pembicara di TED Talks benar-benar memiliki ketrampilan public speaking kelas dunia. Mereka tidak terlihat canggung atau grogi, sebaliknya mereka terlihat sungguh percaya diri dan menguasai dengan mantap apa yang mereka sampaikan. Menonton TED Talks banyak memberikan kita pengetahuan dari orang-orang luar biasa.

Beberapa seri TED Talks favorit saya yang perlu kamu nonton juga yaitu The Power of Believing That You Can Improve by Carol Dweck, The Journey to yo-yo Mastery by BLACK, What I Learned From The 100 Days of Rejections by Jia Jiang. Masih banyak seri-seri yang tidak kalah menarik lainnya. Namun, jika kamu lebih suka video yang dalam bentuk animasi, saya menyarankan kamu perlu coba menonton TED Ed.

5. Meditasi

Setelah kamu melakukan serangkaian aktivitas, pastinya kita akan kelelahan baik dari segi fisik dan mental. Selain beristirahat, salah satu cara yang bisa digunakan untuk menenangkan pikiran kita adalah dengan bermeditasi. Jika dilihat dari segi ilmiah dan beberapa penelitian yang telah dilakukan,  meditasi memiliki sederetan manfaat seperti mengurangi rasa sakit, depresi, stres, kegelisahan serta meningkatkan fokus, konsentrasi dan pikiran positif.

***

Nah itulah beberapa kegiatan yang biasanya saya lakukan saat saya sedang tidak mengerjakan apa-apa. Bagi saya, jika kita menyia-nyiakan waktu, berarti kita juga menyia-nyiakan hidup. Karena itu, sebisa mungkin saya mengisi setiap waktu yang saya miliki dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat. Saya berharap kamu juga demikian 🙂

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *