Google Analytics, Tool Gratis Yang Powerful Dari Google

Google Analytics merupakan salah satu online monitoring tool gratis dari Google yang berfungsi untuk menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Selain itu, banyak kemudahan lain yang di tawarkan pada Google Analytics, yaitu kita dapat melacak jumlah pengunjung website kita, teknologi yang di pakai, lokasi pengunjung website kita, dan sebagainya dalam jangka waktu harian, bulanan hingga tahunan.

googleanalytics1

Dari gambar di atas pada menu Sessions kita dapat melihat jumlah sessions, users dan pageviews sebuah situs web dalam 30 hari terakhir. Selain itu kita juga dapat mengetahui Bounce Rate (rasio jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja pada blog yang Anda miliki), Organic Search (halaman hasil pencarian yang dapat kita lihat setelah kita mengetikkan kata kunci pada mesin pencari) dan Pages/sessions (jumlah laman rata-rata yang dilihat dalam sebuah sesi, satu sesi = 30menit).

googleanalytics3

Dari gambar di atas pada menu Locations kita dapat melihat dari negara mana pengungjung yang paling banyak mengunjungi website kita. Selain menelusuri berdasarkan negara, kita juga dapat mempersempit scope menjadi lokasi yang berdasarkan kota, seperti gambar berikut :googleanalytics6

googleanalytics4

Dari gambar diatas pada menu Pages kita dapat melihat halaman manakah dalam website kita yang paling banyak/sedikit pengunjung yang membaca. Selain itu, kita juga dapat mengetahui bagaimana pengunjung tersebut dapat sampai ke website kita, apakah itu dari sosial media, referensi dari website lain, pencarian langsung pada mesin pencari dan sebagainya.

googleanalytics7

Gambar diatas pada menu Technology Kita dapat mengetahui penetrasi browser, sistem operasi, screen resolution dan merek mobil (mobile brand) yang digunakan user dalam mengakses website kita.

googleanalytics5

Gambar diatas pada menu Traffic Detail kita dapat mengetahui Traffic Mediums (bagaimana cara user bisa sampai ke website kita, apakah dari sosial media, direct search, dsb), Visitor Type (Pengunjung tersebut merupakan pengunjung baru atau bukan), Search Engine (dari mesin pencari apa user mengunjungi website kita), Social Networks (berapa jumlah pengunjung yang mengunjungi website kita melalui konten yang ada di sosial media).

Lalu, setelah kita mendapatkan data-data yang diberikan Google Analytics, apa yang dapat kita lakukan ?

Dengan memanfaatkan tool yang cukup powerful dari Google ini, tentunya riset pasar akan menjadi lebih mudah. Data-data yang diberikan Google Analytics dapat kita manfaatkan untuk menunjang website kita atau maintenance website kita menjadi lebih baik. Misalnya :

Dengan kita mengetahui screen resolution yang digunakan oleh pengunjung, kita dapat memaksimalkan UI(User Interface) & UX (User Experience) pada website kita untuk membuat pengunjung merasa nyaman mengunjungi website kita.

Dengan kita mengetahui mesin pencari yang digunakan oleh pengunjung, kita dapat fokus untuk optimasi pada mesin pencari tersebut.

Dengan kita mengetahui lokasi dari pengunjung website, kita mengetahui dimana area-area atau lokasi yang potensial misalnya untuk melakukan promosi.

Dengan kita mengetahui artikel/konten yang paling disukai pengunjung, hal tersebut dapat kita jadikan acuan untuk pembuatan konten di masa akan datang untuk menarik pembaca/pengunjung.

Dengan kita mengetahui sosial media yang paling banyak/sedikit memberikan backlink pada website, kita dapat menaruh fokus pada sosial media tersebut guna mendapatkan data respon serta popularitas untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada website kita.

***

Itulah penjelasan tentang Google Analytics yang dapat membantu Anda untuk melakukan riset pasar serta mengembangkan atau maintenance website Anda. Tentunya Google Analytics akan terus mengalami perkembangan, beberapa tahun kedepan barangkali akan ada analisa-analisa baru yang diberikan oleh Google Analytics, karena teknologi akan terus mengalami perkembangan.

Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *