Review Buku: ‘Beyond Me’ oleh Alfred Boediman

Beberapa waktu lalu saya berkunjung ke Gramedia untuk mencari bacaan seputar teknologi dan ternyata buku inilah yang berhasil menarik perhatian saya. “Unleashing Technopreneurship Potential” itulah kalimat yang tertulis di sampul depan buku ini. Dan kalimat itulah yang menarik minat saya untuk membeli dan membedah buku yang ditulis oleh Alfred Boediman ini.

Sedikit gambaran untuk pembaca tentang penulis buku ini, Alfred Boediman adalah praktisi teknologi informasi yang sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia IT. Saat ini ia menjabat sebagai Vice President of Samsung Research & Development Indonesia, ia juga mengajar bisnis di universitas kondang Amerika, University of Chicago. Selain sukses dalam karir, ia juga individu yang memiliki passion yang kuat dalam pendidikan. Ia memiliki gelar PhD dalam bidang Econometrics & Statistics yang diperoleh dari University of Chicago.

Buku ini berisi 160 halaman yang ditulis dalam bahasa Inggris. Secara keseluruhan, buku ini banyak menceritakan tentang pengalaman Alfred di bidang teknologi. Ia juga mencurahkan pandangan dan pemikiran nya yang mendalam di buku ini tentang seluk-beluk dan tantangan yang dihadapi dalam dunia teknologi informasi.

Buku ini mencoba menggambarkan “belenggu” serta masalah yang saat ini dihadapi oleh pekerja IT di industri. Di dalam buku ini ia banyak membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan manajemen tim, membangun hubungan dan bagaimana cara menghadapi tantangan-tantangan masa depan di dalam dunia IT berdasarkan pengalaman nya.

Ia juga tidak sedikit menyinggung hal-hal teknis yang berkaitan dengan Ilmu Komputer di buku ini seperti Machine Learning, Internet of Things, Software Engineering dan lainnya. Saya dapat melihat pemahaman nya yang sudah mapan di bidang ini. Pengalaman nya sebagai mahasiswa, insinyur, manager, peneliti membuat buku ini sangat cocok dibaca untuk para generasi muda sebagai starter pack untuk terjun di bidang IT.

Saya suka salah satu kalimat yang dikatakan Alfred dalam buku ini bahwa :

“Knowing a bunch of programming languages, complex algorithms and several tricks to make wonders using computers is just part of the job. We have to surround these hard skills with a set of a soft skills that are equally important for our career.”

Hal tersebut selaras dengan apa yang disampaikan oleh American Society of Employers bahwa “Soft skills often beat hard skills”. Alfred menyadari hal itu, dan di buku ini ia memberikan tips bagaimana mengkombinasikan hard skill dengan soft skill.

Overall, buku ini paling pas untuk dibaca oleh kalangan muda. Buku Ini menceritakan pengalaman, pemikiran dan sudut pandang Alfred Boediman sebagai pelajar serta pionir di bidang teknologi informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *