Lebih Fokus Saat Belajar Dengan Teknik Pomodoro

Sering kali saat kita sedang belajar atau mengerjakan sesuatu, kita kesulitan untuk fokus. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari notifikasi di handphone, pikiran yang melayang-layang, kurang bersemangat atau bahkan kelelahan karena sudah belajar terlalu lama. Hal ini tentu wajar, kita tidak bisa bekerja non stop. Kita perlu berhenti sejenak, otak kita juga perlu istirahat. Bayangkan jika kamu nge-gym selama 4 jam non stop, apakah itu baik? Tentu tidak.

Untuk itu, saya pribadi menggunakan teknik pomodoro untuk tetap fokus dan konsentrasi saat belajar ataupun mengerjakan sesuatu. Teknik pomodoro ini adalah metode sederhana yang dapat meningkatkan fokus dan produktifitas kita. Pada umumnya, otak manusia akan kelelahan dan kehilangan fokus setelah belajar atau bekerja selama 25 menit. Nah, oleh karena itu kita perlu me-refresh otak kita agar kembali fokus.

Konsep dari teknik pomodoro ini cukup sederhana yaitu belajar sungguh-sungguh selama 25 menit dan istirahat selama 5 menit.  Atur timer di handphone kamu selama 25 menit,  selama itu kamu belajar dan bekerja sungguh-sungguh. Tidak ada media sosial, tidak ada percakapan, dan tidak ada gangguan lainnya, yang ada hanya tugas kamu. Intinya selama 25 menit ini kamu hanya fokus mengerjakan tugas kamu.

Setelah 25 menit berlalu, maka kamu akan mendapatkan reward nya, yaitu istirahat 5 menit. Nah, selama 5 menit ini kamu bebas mengerjakan apapun yang kamu mau. Kamu boleh melihat media sosial, berbicara dengan teman, sekedar berjalan atau membuat secangkir kopi. Setelah 5 menit berlalu, maka kamu atur kembali timer selama 25 menit dan ulangi hal yang sama.

Dengan teknik pomodoro ini, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan, seperti meningkatkan produktifitas dan kualitas pekerjaan, manajemen waktu yang lebih baik dan membuat kita terhindar dari gangguan. Selain itu, dengan menggunakan teknik ini, kita menjadi lebih konsentrasi dengan apa yang kita kerjakan karena setiap 25 menit sekali kita tetap akan mendapat reward nya yaitu istirahat 5 menit. Saya biasanya menggunakan TomatoTimer saat menerapkan metode ini supaya lebih praktis. Kalian juga bisa download aplikasi nya di playstore atau ataupun appstore.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *