Apa Itu Penelitian dan Hubungan nya Dengan Masalah

Ilmu pengetahuan terus berkembang dari waktu ke waktu. Dunia dan teknologi terus mengalami kemajuan dengan cepat. Apa yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi ?

Penelitian atau Research merupakan jawaban nya.

Secara umum Penelitian merupakan proses mencari jawaban atas permasalahan. Karena ada masalah maka diciptakan solusi. Melakukan penelitian didasari dengan suatu masalah, kita akan kesulitan jika tidak punya masalah dalam melakukan penelitian karena jika ada masalah maka mendorong mencari solusi untuk persoalan atau permasalahan tersebut.

Penelitian juga kadang disebut sebagai investigasi untuk menemukan fakta yang ditemukan. Mengumpulkan fakta dan kemudian menghubungkan nya. Fakta-fakta ini akan diterjemahkan menjadi data yang mengandung arti, kemudian dari data tersebut disajikan lah menjadi sebuah informasi yang berguna dan bermanfaat.

Kemudian, apa yang disebut dengan masalah ?

Masalah merupakan kesenjangan terhadap apa yang  seharusnya terjadi. Terdapat sesuatu yang tidak sesuai dengan yang di harapkan, itulah yang disebut dengan masalah.

Masalah menimbulkan rasa ingin tahu. Masalah membuat orang berpikir lebih kritis untuk mencari solusi dan mencari jalan keluar atas permasalahan tersebut. Oleh karena nya, muncul beberapa pertanyaan seputar itu :

Apa yang membuat masalah ini terjadi ?

Kenapa hal ini dapat terjadi ?

Bagaimana cara mengatasi masalah ini ?, dsb

Dari pertanyaan-pertanyaan diatas, maka muncul lah potensi untuk melakukan penelitian.

Nah, bagaimana jika seandainya semua orang di bumi ini baik ilmuwan, akademisi, dan lainnya tidak melakukan penelitian ?

Maka dapat dibayangkan, dunia tidak akan maju. Kita akan terus belajar hal yang sama dari waktu ke waktu. Puluhan bahkan ratusan tahun kemudian, anak-cucu kita akan belajar hal yang sama dengan yang kita pelajari saat ini dan akibatnya dunia tidak akan maju ataupun mengalami perkembangan karena kita tidak pernah mencoba menggali dan mencari hal-hal atau sesuatu yang baru yang dapat mengubah dunia.

Oleh karena nya, tidak heran jika para ilmuwan, peneliti dan mereka para world changer di seluruh dunia sangat di hargai. Hal tersebut terbukti dari penghargaan-penghargaan dari berbagai disiplin ilmu yang diberikan kepada ilmuwan atau peneliti tersebut setiap tahun nya, seperti Nobel Prize (Economy, Peace, Physics, Chemistry), Turing Award (Computer Science), Fields Medal (Mathematics), Annual Award (Astronomy), dan masih banyak lagi.


Sumber :

Catatan pribadi perkuliahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *