6 Tips Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Satu hal yang penting dalam belajar, apapun itu, adalah kemampuan untuk fokus dan konsentrasi. Jika kita fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan suatu hal, maka hasil nya juga akan jauh lebih baik. Jadi, bagaimana cara kamu untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi ?

Berikut ini adalah 6 tips yang dapat kamu terapkan.

1. Pusatkan Perhatian (Wrap Your Mind Around It)

Sebelum kamu mempelajari sesuatu yang baru, coba untuk pusatkan perhatian hanya untuk itu, bukan yang lain.

Kenapa hal ini penting ?

Ini membantu kamu untuk lebih termotivasi dan menjadi sepenuhnya menyerap apa yang kamu pelajari.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk melatih otak mu ?

  • Alih-alih jadikan membaca menjadi sebuah tugas, kemudian ubah menjadi sebuah pilihan. Katakan pada dirimu, “Ini adalah sesuatu yang benar-benar saya ingin pelajari”. Manfaat nya ? Ini memberikan mu perasaan yang lebih baik untuk belajar.
  • Ingatkan diri kamu dengan pertanyaan ini: “Kenapa saya melakukan ini?” Pikirkanlah alasan atau tekad awal kenapa kamu melakukan ini. Meningkatkan karir, membangun relasi dengan orang lain, atau sekedar ingin mempelajari lebih dalam dan sebagainya.
  • Visualisasikan apa yang akan kamu lakukan. Ini disebut teknik building a mental model; kamu membayangkan dengan detail apa yang akan kamu lihat, baca, pelajari dan lainnya. Manfaat nya ? Dengan menceritakan kepada dirimu sendiri tentang apa yang akan kamu lakukan, kamu melatih otak mu untuk antisipasi langkah kedepan nya dan memetakan seluruh proses pembelajaran dengan cara yang lebih mudah untuk di pahami.
2. Pintarlah Mengelola Waktu (Become a pro at time management)

manajemen_waktu

Jangan terus belajar dan membaca tanpa istirahat; jika kamu lakukan itu, kamu akan kehilangan fokus mu dan kemudian disusul oleh motivasi mu. Belajar cara untuk mengelola waktu merupakan cara yang lebih baik.

  • Ketika kamu siap untuk memulai, gunakan timer untuk membagi waktu dalam belajar sesuatu yang akan memungkinkan otak kamu untuk fokus dalam cara yang lebih efektif dan ber-target.
  • Cobalah teknik pomodoro. Belajar/bekerja 25 menit dengan sungguh-sungguh, lalu istirahatlah 5 menit, kemudian lanjutkan kembali. Selama 5 menit itu, lakukan sesuatu yang sama sekali tidak terkait dengan pekerjaan, kamu bisa mencari udara segar, meregangkan tubuh, atau sekedar membuat secangkir teh atau kopi.
3. Menjauh Dari Semua Gangguan (Get away from all distractions)

Gangguan dapat dengan mudah membuat kamu tergelincir dan menjadi tidak fokus terhadap pekerjaan tanpa kamu sadari. Membaca email dan terus menerus memeriksa Instagram, Facebook, Line dan sebagainya dapat membuat kamu tidak fokus dan merasa kewalahan. Cobalah berusaha untuk menghindari gangguan saat kamu sedang fokus untuk belajar atau bekerja. Berikut caranya :

  • Atur ponsel kamu ke mode Airplane ketika anda perlu untuk fokus.
  • Beritahukan kepada orang lain bahwa kamu sedang tidak tersedia atau sibuk untuk beberapa jam kedepan, sehingga mereka tidak mengganggu kamu.
  • Periksa email dan sosial media hanya 3-4 kali sehari (sekitar jam makan siang, kemudian sore hari dan malam hari) Hal ini salah satu yang paling sulit 😀
  • Hindari browsing internet atau membaca berita harian. Kamu dapat melakukan hal ini saat kamu telah menyelesaikan apa yang kamu kerjakan.
4. Jadikan Sebuah Ritual (Make it a ritual)

kebiasaan_belajar

Melatih pikiran kamu untuk membiasakan diri melakukan hal-hal pada waktu tertentu dalam sehari. Buatlah satu hari dalam seminggu khusus untuk kamu melakukan hal-hal yang kamu senangi, untuk memberikan rasa kontrol atas hari kamu sehingga kamu dapat menjadi proaktif dengan apa yang kamu kerjakan.

  • Temukan tempat dimana kamu tidak akan terganggu.  Mungkin perpustakaan atau taman di kota bisa menjadi salah satu pilihan.
  • Menutup diri dari kebisingan yang dapat dilakukan dengan memasang headphone dan mendengarkan musik.
  • Jika kamu penikmat kopi, miliki secangkir kecil kopi bukanlah ide buruk. Mendapatkan dorongan kafein dapat membantu meningkatkan fokus.
  • Berjalanlah sejenak untuk meningkatkan memori dan fokus. Melakukan beberapa bentuk latihan fisik, seperti berjalan dapat meningkatkan kinerja koginitif otak kamu dan bahkan meningkatkan memori jangka panjang ketika kamu sedang menghafal atau membaca.
5. Latih Otakmu Untuk Lebih Fokus (Train your mind to focus better)

Meditasi dapat membuat pikiran dan perasaan kamu menjadi lebih nyaman. Tanpa kita sadari, otak kita tidak pernah berhenti bekerja, otak terus bekerja bahkan saat kita tidur. Salah satu cara terbaik untuk menenangkan otak dan pikiran kamu adalah praktek meditasi. Praktek meditasi juga tidak sulit dilakukan, kamu cukup mencari tempat yang tenang, duduk bersila, letakkan telapak tangan kanan diatas telapak tangan kiri, pejamkan mata dan nikmatilah. Coba fokus pada nafas, rasakan nafas yang masuk dan keluar dari tubuh kamu. Lakukan praktek ini 2-5 menit sehari, dan kembangkan terus setiap harinya.

6. Optimalkan Dengan Membaca Banyak Buku (Optimize with reading books)

membaca_buku

Mengapa membaca buku ? Untuk memberi makan otak kamu. Belajar hal-hal baru, membuat kamu lebih bergairah dan menyerap pengalaman hidup orang lain. Membaca juga dapat meningkatkan kemampuan fokus mu, saat kamu membaca, kamu mencerna setiap susunan kata dalam kalimat dan itu memerlukan konsentrasi dan fokus. Berikut cara untuk membangun kebiasaan membaca:

  • Cobalah untuk membaca setidaknya satu buku setiap bulan nya, coba alokasikan sebagian pendapatan kamu untuk membeli buku. Tidak perlu buku-buku yang berat atau sulit dimengerti, kamu dapat memulai nya dengan membaca buku-buku yang ringan seperti novel atau majalah.
  • Membaca 2 atau 3 halaman pada buku secara rutin setiap hari lebih baik daripada membaca banyak hal sekaligus dalam satu waktu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan fokus konsentrasi mu.

Tetap semangat! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *