5 Universitas Terbaik Kanada Dalam Ilmu Komputer

Ilmu Komputer saat ini menjadi salah satu bidang studi favorit siswa dari seluruh penjuru dunia. Ilmu Komputer bukanlah sesuatu yang sudah lama diketahui khalayak umum, ini merupakan disiplin ilmu yang baru. Fakultas Ilmu Komputer pertama kali dibentuk pada tahun 1962 di Purdue University, Amerika Serikat. Hingga sekarang ini, ilmu komputer telah berkembang hingga ke seluruh penjuru dunia.

Di Kanada, Ilmu Komputer menjadi salah satu disiplin ilmu yang paling diprioritaskan. Kanada memiliki beberapa universitas yang bereputasi tinggi dan telah diakui dunia, lebih dari 100 ribu mahasiswa internasional menempuh pendidikan di negara ini setiap tahun nya.

Berikut adalah 5 universitas terbaik Kanada dalam Ilmu Komputer yang sudah saya telusuri dari berbagai sumber dan lembaga penilaian universitas.

1. University of Waterloo

Universitas ini memang terkenal dengan disiplin ilmu STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) nya. Jika Amerika mempunyai MIT, Eropa mempunyai ETH Zurich dan Indonesia mempunyai ITB maka Kanada memiliki University of Waterloo untuk di adu. Waterloo merupakan kampus teknik nya Kanada.

Berdiri pada tahun 1957 dengan hanya 74 siswa, saat ini U of Waterloo memiliki 31.380 siswa sarjana dan 5.290 siswa pascasarjana. Dari pengalaman mahasiswa yang berkuliah di Waterloo, banyak dari mereka yang mengatakan bahwa kuliah disini keras dan penuh akan workload. So, persiapkan diri kalian baik-baik ya.

2. University of Toronto

University of Toronto bisa dikatakan universitas yang sudah tua, universitas ini pertama kali didirikan pada tahun 1827 dengan nama King’s College. Hingga saat ini jumlah mahasiswa nya sudah mencapai angka 80 ribu yang berasal dari seluruh penjuru dunia.

Universitas ini cukup besar dan memiliki 3 kampus utama yang tersebar di Toronto. Karena jumlah mahasiswa nya yang cukup banyak, beberapa kelas-kelas yang populer biasanya bisa diikuti oleh ribuan mahasiswa dalam sebuah ruangan besar (seperti teater) yang dilengkapi dengan proyektor super jumbo.

Universitas ini terkenal dengan kualitas dan fasilitas riset nya yang baik. Kanada memiliki universitas-universitas yang unggul dalam hal riset, namun beberapa orang menilai University of Toronto adalah yang terbaik dalam hal ini.

3. University of British Columbia

University of British Columbia adalah salah satu universitas yang bereputasi tinggi di Kanada maupun di kancah dunia. Universitas ini memiliki 2 kampus utama yang terletak di Vancouver dan Okanagan. Jumlah mahasiswa di universitas ini mencapai 60ribu mahasiswa jika digabungkan.

UBC dikenal cukup baik untuk hampir seluruh disiplin ilmu, mulai dari ekonomi, pendidikan dan tak terkecuali ilmu komputer. QS University Ranking menempatkan UBC di posisi 25 terbaik dunia dalam ilmu komputer.

Fakta lainnya, lebih dari 50% mahasiswa UBC adalah orang Asia. Hal ini tentu akan membantu mahasiswa dari negara-negara Asia lainnya lebih mudah beradaptasi di lingkungan kampus. Namun, karena letaknya yang sedikit terisolasi dari pusat kota Vancouver mungkin mahasiswa dapat mencari alternatif lain untuk mendapatkan hiburan.

4. McGill University

McGill University adalah universitas yang keras dan serius. Beberapa mahasiswa baru mungkin akan shock dan kesulitan dengan pendidikan yang diberikan dari McGill.

Berbeda dengan University of Toronto yang memiliki kelas yang besar, di McGill kelas-kelas yang dibuka mungkin agak sedikit kecil, hal ini mungkin dapat memberikan sedikit keuntungan, salah satu nya dapat lebih mendekatkan diri dan berkomunikasi dengan profesor yang mengajar.

Secara umum, jika dilihat dari disiplin ilmu yang lain, McGill merupakan yang terbaik di Kanada.

5. Simon Fraser University

Simon Fraser Unuversity dapat menjadi alternatif selain 4 universitas diatas, mengingat persaingan untuk masuk ke universitas di atas juga tidak mudah.

Namun saya tahu ada beberapa orang yang lulus dari SFU dan pergi ke Sillicon Valley untuk bekerja di perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google atau Microsoft.  Hal ini tentu dapat menjadikan SFU bahan pertimbangan untuk memilih universitas di Kanada khususnya dalam ilmu komputer.


Hal menarik lainnya dari universitas-universitas di Kanada yaitu adanya program Co-op (seperti magang, dan dibayar!). Selain itu, setiap siswa yang telah menyelesaikan studi nya diperbolehkan untuk bekerja di Kanada selama 2 tahun untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya.

Dengan kualitas pendidikan, fasilitas dan reputasi yang diberikan, Kanada perlu Anda pertimbangkan sebagai negara untuk melanjutkan studi Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *