5 Tips Menjadi Pembaca Yang Lebih Baik

Buku merupakan media dimana para penulis menuangkan ide-ide, pemikiran atau mengekspresikan perasaan nya ke dalam bentuk tulisan. Hari ini, minat membaca buku masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia semakin berkurang (baca : Benarkah Orang Indonesia Malas Membaca), sebagian dari mereka lebih suka menonton film ataupun membaca status teman nya di media sosial daripada membaca buku. Beberapa dari mereka berpendapat bahwa membaca buku itu membosankan, pusing dan tidak menarik. Padahal, manfaat membaca buku itu banyak sekali (baca juga: 10 Manfaat Membaca Buku: Kenapa Kita Harus Membaca Setiap Hari). Berikut 5 tips menjadi pembaca yang lebih baik.

1. Bacalah Perlahan (Take it slow)

Banyak pembaca yang merasa bahwa mereka membaca terlalu lambat dibandingkan orang lain, tetapi kenyataan nya adalah bahwa semakin cepat kamu membaca, semakin kecil kemungkinan kamu dapat memahami sepenuhnya apa yang kamu baca. Pembaca yang baik mampu mengatur kecepatan membacanya—memperlambat kecepatan saat dibutuhkan, khususnya jika terdapat konsep-konsep atau kata-kata yang tidak diketahui sebelumnya. Jika kamu sudah sampai di akhir paragraf dan merasa bahwa kamu belum memahami sepenuhnya apa informasi yang diberikan, jangan ragu untuk membaca kembali paragaraf tersebut. Membaca adalah proses seumur hidup: membaca dengan fokus dan perlahan akan membantu kamu menjadi pembaca yang lebih cepat seiring dengan berjalan nya waktu.

2. Membaca Dengan Keras (Read aloud)

Ketika manusia baru pertama kali mulai membaca, biasanya mereka tidak membaca dalam hati. Meskipun umumnya tidak pantas untuk membaca dengan keras di perpustakaan atau saat tengah malam, namun membaca dengan keras adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan membaca mu. Kamu mungkin merasa sedikit konyol saat pertama kali melakukan nya, tetapi saat kamu berhasil masuk ke dalam irama suara si penulis, kamu akan dapat membaca lebih akurat dan dengan ekspresi vokal yang lebih baik.

3. Rasakan (Feel it)

Tulisan yang kamu baca merupakan ekspresi dari pemikiran serta perasaan si penulis. Coba rasakan, resapi apa sebenarnya maksud dan tujuan dari si penulis. Jangan buru-buru saat membaca, saat kamu membaca, biarkanlah bahasa dan tulisan dalam buku tersebut menginformasikan kecepatan membaca kamu. Jika kamu mampu melakukan nya, kamu akan menghargai bahwa buku-buku seperti novel merupakan buah anggur yang sungguh manis.

4. Tuliskan (write)

Apa yang kamu baca dapat tercermin pada apa yang kamu tulis, dan seorang pembaca yang baik biasanya juga merupakan penulis yang baik pula. Selain itu, dengan menulis atau membuat catatan tentang apa yang kamu baca, kamu dapat memahami emosi dan gaya penulisan si penulis sehingga dapat membantu kita menjadi pembaca dan penulis yang lebih baik.

5. Ceritakan ke Temanmu (Tell your friends)

Ceritakan buku, novel atau artikel yang kamu baca ke temanmu, terangkan betapa menariknya buku tersebut, cari klub-klub pecinta buku dan bergabunglah. Mereka selalu memiliki banyak daftar buku menarik untuk kamu baca. Saat kamu menjelaskan atau menceritakan buku yang kamu baca, secara tidak sadar kamu me-review apa yang kamu baca, hal tersebut tentunya dapat membuat bacaan yang kamu baca mengendap lebih lama dalam otak. Ini adalah cara yang baik untuk melihat dunia dari mata orang lain dan kamu dapat melihat sendiri bagaimana reaksi kamu menceritakan buku yang kamu baca kepada orang lain.

***

Itulah beberapa tips agar dapat menjadi pembaca yang lebih baik. Intinya yang terpenting adalah konsistensi, usahakan meluangkan waktu untuk membaca setiap hari nya. Jadilkanlah membaca sebagai hobi mu, baca apapun yang kamu sukai, entah itu novel, majalah atau sekedar artikel di portal berita.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *