5 Sekolah Bisnis Terbaik Amerika

Memperoleh gelar bisnis seperti MBA dari universitas bisnis terbaik di dunia barangkali menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Reputasi, fasilitas, kualitas pengajar serta jaringan alumni yang kuat menjadi beberapa faktor banyak orang dari penjuru dunia untuk belajar bisnis di universitas ternama. Faktor lainnya, memperoleh gelar MBA dapat membantu mendongkrak karir Anda baik dari sektor pemerintah maupun swasta.

Sebenarnya banyak universitas yang berkualitas dunia dalam hal bisnis. Beberapa ada yang dari Inggris, Australia dan beberapa negara Eropa. Namun, saya mendapati bahwa Amerika Serikat adalah pionir dalam hal ini. Amerika memiliki stok universitas terbaik di dunia dari segala bidang, tidak terkecuali dalam hal bisnis.

Berikut 5 universitas terbaik Amerika dalam bidang bisnis berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh USNews untuk tahun 2017.

1. Harvard – Harvard Business School

Tidak diragukan lagi, Harvard selalu menjadi yang terdepan dalam bidang-bidang seperti bisnis, kedokteran, hukum dan ekonomi. Untuk dapat masuk ke HBS (Harvard Business School) sangat-sangat tidak mudah. Persentase untuk diterima di univeritas ini hanya sekitar 11%.

Berdasarkan The Harbus (koran harian mahasiswa bisnis Harvard), para mahasiswa yang belajar di sini akan sangat di push untuk bekerja keras. Hal itu tidak heran mengingat reputasi HBS yang selalu konsisten menjadi sekolah bisnis terbaik di dunia. Para profesor di HBS pun adalah yang terbaik di bidang nya. Belajar disini tentu akan menjadikan Anda manusia yang lebih bersaing.

2. Stanford – Graduate School of Business

Stanford hampir menjadi yang terbaik dalam segala bidang, baik teknik, kedokteran, sains, seni dan tak terkecuali bisnis. Berada sangat dekat dengan pusat teknologi dunia yaitu Sillicon Valley menjadi nilai tambah jika Anda bisa belajar di universitas ini. Universitas ini adalah tempat dimana pemimpin-pemimpin raksasa teknologi menuntut ilmu seperti Sergey Brin & Larry Page (Founder Google), Evan Spiegel (CEO Snapchat), Marissa Mayer (CEO Yahoo) dan masih banyak lagi.

Selain masuk nya susah, biaya untuk menuntut ilmu disini juga tidak sedikit, bisa mencapai $128.000 /tahun.

Suasana dan kultur entreprenur dari Silicon Valley menjadikan Stanford sebagai pilihan mahasiswa dari seluruh penjuru dunia untuk belajar bisnis.

3. U of Chicago – Booth School of Business

Saya sedikit terkejut bahwa Chicago Booth School of Business mampu menempati posisi ke-3 dan menggeser Wharton dan MIT untuk turun ke posisi 4 dan 5. Booth terkenal dengan pengajaran nya lebih fokus ke finance. Namun, Booth termasuk salah satu sekolah bisnis yang kurikulum nya paling fleksibel. Mahasiswa dapat memilih sendiri kelas yang ia suka sesuai dengan background dan goals masing-masing.

Jika ingin melamar sekolah bisnis, Booth patut dijadikan pertimbangan. Pasalnya persaingan masuk di Booth tidak sekompetitif Harvard, namun kualitas pengajaran yang diberikan adalah kelas dunia. Sebagai tambahan informasi, tahun lalu ada sekitar 4284 pelamar dan yang diterima sekitar 24% yaitu 1047 orang.

4. U of Pennsylvania – Wharton School of Business

University of Pennsylvania memang terkenal dengan Wharton School of Business nya. Salah satu alumni nya yaitu Sundar Pichai yang saat ini menjabat sebagai CEO Google. Reputasi Wharton dalam bidang bisnis memang tidak diragukan lagi, sudah sejak lama Wharton mencetak pemimpin-pemimpin kelas dunia dalam bidang bisnis seperti Elon Musk (CEO Paypal dan SpaceX), Jeff Weiner (CEO LinkedIn) dan masih banyak lagi.

Wharton juga terkenal dengan jaringan alumni nya yang sangat kuat. Selain itu, alumni dari Wharton rata-rata memperoleh gaji yang lebih tinggi dibanding alumni dari sekolah bisnis lainnya.

5. MIT – Sloan School of Management

MIT identik dengan ilmu STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) nya yang kuat. Namun, kualitas MIT dalam bidang bisnis tidak dapat disepelekan. USNews menempatkan MIT diposisi ke-5 dalam bidang bisnis di tahun 2016-17, tentu merupakan pencapaian yang luar biasa. MIT berhasil menyingkirkan pesaing nya dalam bidang bisnis seperti Northwestern University, UC Berkeley dan Yale University yang masing-masing berada di posisi ke 6, 7 dan 8. Good work for MIT.

***

Disamping biaya yang selangit untuk belajar bisnis dari universitas-universitas diatas (bisa mencapai $128.000/tahun), nyatanya universitas tersebut tidak pernah sepi pelamar. Jika Anda diterima di salah satu dari lima universitas diatas, maka Anda patut bersyukur dan berbangga hati. Universitas di atas hanya menerima the best and the bright students in the world. Namun, pastikan Anda juga siap dari segi finansial, fisik dan pikiran. Karena belajar disana benar-benar membutuhkan usaha maksimal dari Anda.

Semoga Bermanfaat.

2 Replies to “5 Sekolah Bisnis Terbaik Amerika”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *