5 Hobi Yang Membuatmu Menjadi Lebih Pintar

Apa hobimu ? Apa yang membuat mu betah berjam-jam melakukan suatu hal ? Setiap orang tentu memiliki hobi nya masing-masing, ada yang suka berenang, melukis, menulis dan lainnya. Dari sekian banyak aktivitas yang dapat kamu tekuni, terdapat beberapa aktivitas yang dapat kamu jadikan sebagai hobi mu mulai saat ini yang dapat membantu melatih otak mu menjadi lebih pintar.

1. Membaca

reading2

Membaca adalah aktivitas yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Selain menambah pengetahuan, membaca membuat mu lebih sabar dan kreatif. Selain itu, membaca juga dapat meningkatkan memori dan daya ingat. Bacalah secara rutin, usahakan dapat meluangkan waktu untuk membaca setiap hari nya.

Alasan lain orang membaca adalah membaca diyakini dapat menghilangkan stres. Saat kamu membaca, otak mu secara otomatis akan fokus dan berusaha untuk mencerna atau memahami apa yang kamu baca. Manfaat lainnya, membaca juga akan membuat mu kaya akan kosakata.

2. Menulis

writing

Menulis bukanlah hal yang mudah. Seriously. Menulis butuh kreatifitas, komitmen, usaha dan ketekunan. Inilah yang sesungguhnya membuat otak mu bekerja. Menulis mengajarkan mu untuk berpikir, mengembangkan dan menuangkan nya ke dalam rangakaian kata. Pada setiap halaman artikel atau buku yang kamu tulis berisi serangkaian informasi yang sebelumnya telah kamu pikirkan untuk dituangkan ke dalam kata-kata.

Dengan hanya berbicara, rangkaian kata yang keluar dari mulut mu akan menyatu dengan udara. Tetapi, tulisan adalah abadi. Banyak orang dikenang karena tulisan yang dihasilkan nya. Jadi, mari menulis mulai dari sekarang dan ungkapkan pemikiran mu pada dunia.

3. Bermain Catur

bermain-catur

Barangkali ini adalah salah satu olahraga yang paling membutuhkan kemampuan dari otak kita. Catur bukan hobi yang menarik bagi sebagian orang, tapi olahraga ini memaksa otakmu terus bekerja, dan hal tersebut yang dapat meningkatkan kinerja otakmu. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bermain catur dapat meningkatkan IQ, merangsang kreativitas, meningkatkan daya ingat dan memperkuat konsentrasi.

4. Berolah-Raga

berolah-raga

Barangkali kamu berpikir bahwa berolah raga sepertinya tidak ada hubungannya dengan kecerdasan seseorang. Namun, olahraga ternyata memberikan manfaat positif bagi tubuh. Berolah raga dapat membawa pengaruh positif pada kreativitas, suasana hati dan kepercayaan diri seseorang. Selain itu, berolah raga juga dapat menghilangkan stres dan memperlancar sirkulasi darah pada otak.

Olahraga terbaik adalah saat pagi hari sebelum berangkat kerja atau sekolah. Kamu akan mengawali hari mu dengan pikiran yang lebih fresh dan menjaga mu dengan energi yang cukup untuk sepanjang hari.

5. Bermain Musik

bermain-biola

Seorang pembicara dalam TED talks, Anita Collins mengatakan “Ketika Anda mendengarkan musik, beberapa area dalam otak Anda akan bekerja. Tetapi ketika Anda memainkan alat musik, otak Anda akan bekerja untuk seluruh tubuh”. Selain itu, kebanyakan orang-orang jenius yang terkenal di dunia juga bermain musik: Albert Einstein bermain piano dan biola, Charles Dickens bermain harmonika, Steven Spielberg bermain klarinet, dan lainnya. Bermain alat musik tidak langsung membuat mu menjadi pintar, tetapi membantu mu untuk lebih relax, dan hal tersebut memberikan efek positif dalam mempelajari hal baru.

Bonus: Meditasi

meditasi

Meditasi punya segudang manfaat. Meditasi tidak hanya mengajarkan mu hal-hal duniawi. Tetapi meditasi mengajarkan mu untuk mengenal diri sendiri. Meditasi dapat menolongmu menenangkan diri, meningkatkan rasa percaya diri, mengembangkan pola pikir, menumbuhkan rasa puas dalam batin, memperkuat daya ingat dan masih banyak lagi. Serangkaian manfaat dari meditasi tersebut dapat membuat mu lebih siap untuk meningkatkan produktivitas dan mempelajari hal baru.

Semoga bermafaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *