15 Universitas Terbaik Amerika Dalam Ilmu Komputer

Banyak orang yang memiliki impian untuk menempuh pendidikan di Amerika, American Dreams, itulah sebutan nya. Amerika memiliki banyak sekali universitas yang cukup bagus, baik swasta maupun negeri.

Untuk universitas swasta, yang paling terkenal mungkin Universitas yang termasuk dalam grup Ivy League atau delapan universitas elit di Amerika yaitu Harvard, Yale, Princeton, Cornell, Brown, Dartmouth, Columbia dan Pennsylvania.

Untuk negeri juga tidak kalah, ada UC Berkeley, Univeristy of Illinois, UCLA, University of Michigan, UT Austin, Georgia Tech, Purdue, UW Madison dan masih banyak lagi.

Kali ini saya akan sharing tentang 15 Universitas terbaik Amerika khususnya dalam bidang Ilmu Komputer atau Computer Science. Acuan yang saya gunakan untuk penilaian adalah dengan membandingkan berdasarkan lembaga-lembaga penilaian Universitas seperti QS University Ranking, Times Higher Education, Shanghai Ranking dan informasi-informasi lainnya yang sebelum nya sudah saya telusuri.

1. Massachussets Institute of Technology (MIT)

Universitas yang terletak di kota Cambridge, Amerika Serikat ini merupakan institusi swasta yang mengkhususkan diri dalam bidang sains dan teknologi. Didirikan tahun 1861, MIT sekarang berdiri di atas tanah seluas 168 acre.

Beberapa alumni penting yang lulus dari MIT sepert Astronot Apollo 11 Buzz Aldrin, Founder and CEO of Dropbox Drew Houston & Arash Ferdows, Founder Intel Robert Noyce, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik dan penasaran bagaimana luar biasa nya kualitas pengajaran dari MIT, anda bisa mengunjungi OCW MIT, disana terdapat banyak sekali video perkuliahan di kelas dari berbagai disiplin ilmu yang dapat di download secara gratis.

2. Stanford University

Universitas Stanford merupakan universitas kedua terbesar di dunia, dan terdiri atas Sekolah Teknik, Hukum, Kedokteran, Pendidikan, Bisnis, Ilmu Bumi, Humaniora dan Sains.

Stanford juga dikenal sebagai jantung nya Silicon Valley (markas raksasa teknologi dunia). Banyak lulusan dari Stanford yang bekerja dan membangun start up disana, sebut saja salah satu perusahaan yang sudah tidak asing lagi bagi kita, Google. Lawrence Page dan Sergey Brin Founder of Google adalah alumni dari Stanford, selain itu ada William Hewlett dan David Packard (Founder of Hewlett-Packard) , Jerry Yang dan Davd Filo (Founder of Yahoo), Jawed Karim (Founder of Youtube), Kevin Systrom (Founder of Instagram), dan masih banyak lagi.

3. University of California, Berkeley

University of California, Berkeley (juga dikenal sebagai Cal, UC Berkeley, atau Berkeley) adalah sebuah universitas publik yang terletak di timur teluk San Francisco di Berkeley, California, Amerika Serikat. Berkeley merupakan pemimpin universitas riset, profesor-profesor nya pun terus menerus berada di urutan atas dunia.

Universitas yang memiliki 37.000 mahasiswa ini telah memperoleh total 71 penghargaan Nobel dan memiliki dana abadi $3,91 miliar. UC Berkeley memiliki total 32 perpustakaan yang membuat nya berada di urutan ke-4 universitas dengan perpustakaan terbesar di Amerika. Berkeley menjadi salah satu universitas terfavorit di Amerika, setiap tahun nya sekitar 75.000 calon mahasiswa melamar di universitas ini.

4. Carnegie Mellon University

Carnegie Mellon University adalah universitas swasta yang terletak di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Di dirikan pada tahun 1900, CMU termasuk salah satu universitas elit di Amerika. Riset nya terhadap dunia teknologi tidak di ragukan lagi, CMU menjadi markas riset dalam hal Supercomputing, Robotics, Software Engineering, Human Computer Interaction dan Language Technologies. CMU telah mengantongi total 19 penghargaan Nobel Awards, 98 Emmy Awards, 7 Academy Awards, 41 Tony Awards dan 12 Turing Awards; pencapaian yang luar biasa.

Salah satu alumni nya yang berjasa di bidang ilmu komputer yaitu James Gosling (Java programming language creator) dan Andi Bechtolsheim (Co-Founder of Sun Microsystem).

5. California Institute of Technology (Caltech)

Universitas ini cukup ketat seleksi penerimaan masuk nya. Total mahasiswa nya saja baru 2,201. Jumlah murid dalam satu kelas tergolong sedikit, hal ini tentunya bermanfaat agar mahasiswa maupun professor dapat saling lebih fokus dan mengenal satu sama lain. Caltech merupakan rival nya MIT, dimana kedua universitas ini sama-sama fokus pada bidang Science dan Engineering. Fakta lainnya yaitu dulu Albert Einstein juga pernah mengajar di Caltech selama 3 tahun dari 1931 hingga 1933.

6. Harvard University

Universitas yang terletak di Boston, Massachusetts ini tekenal dengan ilmu-ilmu politik, ekonomi, hukum dan kedokteran nya. Namun, Harvard juga memiliki Fakultas Engineering dan program studi Ilmu Komputer yang cukup baik. Walaupun Fakultas Engineering nya tergolong baru berdiri , namun Harvard terus merekrut professor-professor terbaik untuk bergabung dengan mereka.

7. University of Texas Austin

University of Texas at Austin atau UT Austin memang memiliki program studi Ilmu Komputer yang cukup baik. Selain itu, UT Austin juga terkenal dengan Fakultas Engineering nya yang cukup besar. Gedung baru nya yaitu Gates Dell Complex yang khusus dibangun untuk Fakultas Engineering memiliki desain yang modern dan teknologi yang canggih.

8. University of Illinois at Urbana-Champaign

University of Illinois at Urbana-Champaign atau sering disingkat UIUC merupakan salah satu universitas terbaik di Amerika bahkan dunia. Fakultas teknik nya secara rutin selalu masuk ke dalam top 5 di Amerika. Didirikan sejak tahun 1867 , total populasi mahasiswa nya  sudah mencapai 44.000 mahasiswa yang terdiri dari 32.000 mahasiswa tingkat sarjana dan 11.000 mahasiswa tingkat pascasarjana. Mantan menteri keuangan Indonesia, Sri Mulyani juga merupakan salah satu alumni dari universitas ini, beliau menyelesaikan studi S2 dan S3 nya di UIUC dalam bidang ekonomi.

9. Cornell University

Cornell University merupakan salah satu universitas elit di Amerika, universitas ini juga tergabung dalam Ivy League. Cornell University terletak di Ithaca, New York. Universitas ini sungguh indah, tenang dan jauh dari keramaian di kota New York. Namun, jika musim dingin atau winter tiba, cuaca disini sungguh ekstrim dan salju nya cukup tebal. Jika ingin kuliah dan sudah di terima di Cornell, sebaiknya sediakan pakaian yang tebal agar tidak kedinginan selama disana.

10. Georgia Institute of Technology

Georgia Institute of Technology atau biasa di singkat GaTech merupakan Univeristas yang memiliki fakultas Ilmu Komputer yang cukup besar. Universitas ini terletak di Atlanta, Georgia ini memiliki banyak opsi pilihan program studi spesifik yang berkaitan dengan Ilmu Komputer, seperti spesialis Interaksi Manusia dan Komputer  (Human Computer Interaction), spesialis Keamanan Informasi (Information Security), etc. Rata-rata mereka yang lulus dari GaTech memiliki ketrampilan programming atau coding yang cukup baik, karena memang pada dasarnya GaTech memang fokus kepada hal-hal yang berkaitan dengan teknologi.

11. University of Pennsylvania

University of Pennsylvania atau UPenn merupakan Universitas yang terletak di Philadelphia, Pennsylvania.  Mantan Wakil Presiden Indonesia yaitu Boediono juga merupakan alumni dari universitas ini. Universitas ini memiliki jaringan alumni yang besar, banyak lulusan dari universitas ini yang memiliki karir yang cukup baik seperti Donald Trump, Sundar Pichai, Warren Buffet dan masih banyak lagi. UPenn sebenarnya terkenal dengan Ilmu Ekonomi dan Bisnis nya, namun demikian UPenn juga memiliki fakultas teknik dan program Ilmu Komputer yang cukup baik, serta profesor-profesor terbaik dan berpengalaman di bidang nya.

12. Purdue University

Purdue University memang merupakan kampus nya engineering. Purdue memiliki fakultas teknik yang cukup besar dengan berbagai disiplin ilmu. Sebagian besar mahasiswa nya juga berasal dari disiplin STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Purdue University yang terletak di West Lafayette, Indiana ini merupakan destinasi utama mahasiswa internasional yang ingin mempelajarin ilmu dari disiplin STEM. Sekitar 44 persen mahasiswa pascasarjana nya adalah mahasiswa internasional.

Salah satu alumni dari Purdue yang paling terkenal adalah Neil Armstrong, orang yang pertama kali menginjakkan kaki di bulan.

13. University of Michigan

University of Michigan merupakan universitas yang besar, total luas universitas ini mencapai 20,965 acre (84.84 km2). Oleh karena itu, University of Michigan di bagi menjadi 3 area utama yaitu Central Campuss, North Campuss dan South Campuss. Ketiga area ini saling terhubung dengan bus yang di sediakan oleh Michigan, serta terdapat fasilitas sebuah rumah sakit yang terletak di antara Central dan North Campuss. Universitas ini juga terkenal hampir di setiap bidang, mulai dari kedokteran, ekonomi, teknik, ilmu sosial dan lain-lain.

14. University of Wisconsin Madison

Universitas ini adalah universitas negeri pertama yang didirikan di Wisconsin, dan menjadi perguruan tinggi negeri tertua dan terbesar di negara bagian ini. UW Madison juga secara rutin masuk ke dalam top 20 universitas di US, banyak lulusan nya yang berkarir di bidang pemerintahan, politik dan hukum. Salah satu alumni UW Madison dari Indonesia yaitu Prof. Nelson Tansu yang sekarang ini mengajar di Lehigh University.

15. University of Minnesota, Twin Cities

University of Minnesota terletak di kota Minneapolis dan St Paul yang mana kedua kota ini termasuk ke dalam negara bagian Minnesota. Minnesota sendiri merupakan negara bagian peringkat ke-3 dengan tingkat penduduk paling bahagia (Peringkat-1 Hawaii, ke-2 Colorado). University of Minnesota sangat besar, didirikan tahun 1851, Universitas ini berdiri di atas tanah seluar 1100 hektar. University of Minnesota juga termasuk ke dalam Public Ivy League yang di dalam nya terdapat universitas-universitas negeri terbaik di Amerika.


Nah itulah 15 Universitas terbaik dalam bidang Ilmu Komputer di Amerika Serikat. Tentunya peringkat diatas tidak flat atau tetap, peringkat dari universitas dapat terus naik ataupun menurun tergantung dari kualitas Universitas itu sendiri apakah mereka mampu mempertahankan nya dan terus memberikan yang terbaik atau malah sebaliknya. Jika Anda dapat berkuliah di salah satu Universitas di atas, maka Anda patut bersyukur karena Universitas di atas memang sudah diakui oleh dunia dari segi kualitas, reputasi, pengajaran dan lainnya.

Semoga bermanfaat.

One Reply to “15 Universitas Terbaik Amerika Dalam Ilmu Komputer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *