10 Universitas Terindah di Dunia

Terkadang keindahan sebuah universitas menjadi salah satu faktor pertimbangan bagi mahasiswa untuk memilih sebuah universitas. Pasalnya, disanalah selama beberapa tahun kita menghabiskan waktu untuk belajar, bermain dan menikmati kehidupan sebagai mahasiswa. Dengan arsitektur bangunan universitas yang khas dan indah, berjalan menuju kelas pun akan terasa lebih menyenangkan.

Lalu, universitas apa sajakah yang memiliki arsitektur bangunan yang indah ? Dalam artikel ini saya sudah merangkum 10 universitas terindah di dunia menurut penilaian saya pribadi. Saya tidak menggunakan peringkat dari suatu lembaga tertentu, karena keindahan sebuah universitas tergantung kepada individu masing-masing.

Berikut adalah 10 universitas terindah di dunia versi saya.

10. Harvard University

Harvard adalah universitas tertua di Amerika. Arsitektur bangunan nya juga memiliki keunikan tersendiri. Warna maroon pada sebagian besar bangunan nya benar-benar mencerminkan kehidupan dan lingkungan kampus yang sempurna bagi mahasiswa.

Selain itu, Harvard juga menjadi langganan bagi turis-turis asing untuk berkunjung dan menikmati keindahan di dalam nya. Setiap tahun nya ada sekitar 650 ribu turis baik dari dalam maupun luar negeri yang mengunjungi Harvard setiap tahun nya. Harvard berada di Boston, Massachusetts yang terkenal sebagai kota pelajar dan bangunan nya yang unik. Hal ini tentu akan menarik banyak mahasiswa maupun turis dari seluruh dunia.

9. Rice University

 Rice University adalah universitas yang berlokasi di Houston, Texas, Amerika Serikat. Mendengar kata Texas apa yang pertama kali ada di benak kita ? Apakah sebuah tempat yang dipenuhi dengan koboi, bar, debu, kuda ? Mungkin itu hanya ada di televisi. Disini Rice University adalah universitas yang sungguh indah. Arsitektur bangunan di universitas ini terlihat sangat kokoh dan rapi. Dengan total akumulasi 4000 pohon yang tersebar di setiap sisi bangunan, Rice termasuk salah satu universitas dengan green space yang besar.

Univesitas ini juga sangat besar, luas nya mencapai 300 acre. Namun, jumlah mahasiswa di universitas ini baru sekitar 6000 mahasiswa. Hal ini tentu membuat kita terhindar dari keramaian dan dapat merasakan suasana yang lebih tenang selama berada di kampus.

8. Peking University

Universitas ini sungguh indah. Pepohonan nya, danau nya, pagoda nya, arsitektur bangunan nya yang kental akan budaya tradisional China membuat universitas ini patut menjadi salah satu universitas terindah di dunia. Arsitektur nya yang khas ini seakan-akan membawa kita kembali ke masa dinasti China yang menjadi kebudayaan tertua di dunia.

7. Stanford University

Universitas yang berada di Palo Alto, California ini mempunyai arsitektur bangunan yang khas. Jika kamu melihat bangunan nya mungkin seperti bangunan zaman dulu, namun universitas ini adalah pusat teknologi dunia. Universitas ini berada sangat dekat dengan markas raksasa teknologi di Sillicon Valley.

Universitas ini juga sangat besar yakni memiliki luas 8.000 acre atau setara dengan 32 kilometer persegi. Tidak heran di universitas ini ada sekitar 13.000 sepeda yang digunakan para mahasiswa untuk pindah dari satu kelas ke kelas lain.

6. Cornell University

Cornell adalah universias yang indah. Pertama kali saya melihat universitas ini, saya langsung menaruh Cornell dalam daftar saya. Universitas ini berada di Ithaca, sekitar 4 jam dari perjalanan dari kota New York. Universitas ini sungguh tenang, dan jauh dari keramaian dan hiruk-piruk kota New York, universitas ini sudah seperti layaknya sebuah kota.

Universitas ini juga memiliki keindahan alam yang jarang dimiliki universitas lain, seperti misalnya danau, sungai bahkan air terjun. Beberapa media juga menyebutkan bahwa Cornell adalah salah satu universitas terindah di Amerika bahkan dunia.

5. University of Washington

Universitas ini sungguh indah, terlebih lagi jika musim semi tiba dimana pohon Cherry Blossom atau yang lebih kita kenal pohon sakura akan tumbuh mekar menghiasi setiap sudut universitas. Arsitektur bangunan dari University of Washington juga tidak kalah unik, yaitu mengusung konsep bangunan bergaya ‘Gothic‘ seperti bangunan zaman dulu.

Beberapa orang juga berpendapat bahwa University of Washington merupakan salah satu universitas terindah di Amerika. Selain itu, karena keindahan nya, universitas ini juga dijadikan sebagai latar untuk syuting film, diantaranya film Dan In Real Life, 21 and Over dan masih banyak lagi.

4. University of Sydney

University of Sydney atau lebih sering dipanggil dengan nama Usyd adalah perwakilan dari Australia yang saya masukkan dalam daftar ini. Arsitektur bangunan di universitas ini mirip seperti bangunan Hogwarts yang ada di Harry Potter. Universitas ini terlihat kokoh dan megah dengan arsitektur bangunan nya yang bergaya sand stone.

Berada di tengah kota Sydney, kamu tidak akan kesulitan untuk mengunjungi tempat-tempat terkenal di Sydney seperti Opera House, Port Jackson Harbour, Bondi Beach dan lainnya. Usyd adalah universitas yang perlu dipertimbangkan jika ingin kuliah di Australia.

3. Yale University

Yale saya tempatkan di posisi ketiga karena univesitas ini memang benar-benar indah. Bangunan tua nya tersusun dengan rapi dan memberikan kesan gagah bagi setiap orang yang melihat nya. Arsitektur bangunan Yale benar-benar unik dan ikonik dan di desain oleh arsitek ternama Louis. I. Kahn, James Gamble dan masih banyak lagi.

Bangunan di Yale sebagian besar adalah bangunan tua yang sudah berdiri sekitar 100 hingga 300 tahun yang lalu karena memang Yale adalah salah satu universitas tertua di Amerika (berdiri tahun 1701). Persaingan untuk masuk ke universitas ini juga sangat kompetitif, jika kamu dapat diterima di Yale, tentu setiap hari kamu akan dimanjakan dengan bangunan nya yang show-stoppers.

2. University of Oxford

Siapa yang tidak kenal dengan University of Oxford ? Model bangunan nya yang sudah melegenda sejak dulu membuat banyak para wisatawan berkunjung ke universitas ini. Universitas yang disebut-sebut sebagai universitas tertua di dunia ini memiliki arsitektur yang khas seperti layaknya kerajaan pada zaman dahulu. Radcliffe Square yang berada di tengah bangunan lainnya serta menjadi ikon dari universitas ini seakan memimpin bangunan lainnya untuk tetap berdiri dengan kokoh selama ratusan tahun. Dapat dikatakan bangunan di Oxford termasuk bangunan bersejarah.

1. University of Cambridge

Jika kamu mengenal Oxford, maka seharusnya kamu juga mengenal kompetitor nya yaitu University of Cambridge. Sebelumnya saya sulit untuk memilih antara Oxford dan Cambridge untuk menempati posisi pertama ini, namun pada akhirnya saya mantap dengan pilihan saya dengan memilih Cambridge untuk berada di posisi puncak dalam daftar ini.

Arsitektur bangunan universitas ini benar-benar sungguh britishness. Terlebih lagi arsitektur dari King’s College (gambar paling atas) yang sejajar dan tersusun dengan rapi yang seolah-olah membentuk sebuah benteng sebagai ikon dari universitas ini. Danau yang berada di sudut bangunan dari universitas ini juga menambah daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh universitas pada umumnya.

Hampir dari segala sumber yang saya telusuri menempatkan University of Cambridge sebagai universitas terindah di planet ini. Jika kamu telusuri lebih lanjut, Cambridge terlihat lebih alami dan natural daripada Oxford. Setiap bangunan dari Cambridge adalah seni yang dibuat ratursan tahun yang lalu, stunning.

***

Itulah daftar 10 universitas terindah di dunia versi saya. Hampir sebagian besar univesitas di atas adalah universitas tua yang sudah berdiri lebih dari 100 tahun. Tidak heran arsitektur bangunan nya memiliki keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan universitas-universitas yang baru didirikan. Jika kamu dapat berkuliah di salah satu universitas diatas, maka kamu patut bersyukur karena selain keindahan yang ditawarkan, universitas diatas juga telah dikenal secara mendunia akan kualitas dan reputasi nya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *