10 Universitas Terbaik di Asia 2017

Mayoritas universitas papan atas dunia memang berada di Amerika, Inggris atau Eropa. Namun, kualitas pendidikan universitas di Asia tidak dapat di sepelekan dan tidak sedikit pula yang mampu bersaing di kancah dunia, hal ini terbukti jika melihat peringkat universitas di Asia yang terus mengalami peningkatan setiap tahun nya.

Universitas-universitas dari Singapura dan Hong Kong menjadi perwakilan dari Asia yang paling menonjol. Universitas dari China dan Korea juga menunjukkan performa yang cukup baik.

Berikut 10 universitas terbaik dari Asia.

1. National University of Singapore – Singapore

Universitas perwakilan dari Singapura ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. National University of Singapore (NUS) berada di peringkat #1 universitas terbaik di Asia dan peringkat #12 dunia di tahun 2017 ini. National University of Singapore (NUS) sangat baik dalam segala bidang, terutama dalam bidang teknologi.

NUS merupakan universitas tertua dan terbesar di Singapura. Hingga saat ini, NUS memiliki lebih dari 32.000 mahasiswa yang berasal dari berbagai negara. NUS adalah tempat yang tepat untuk tumbuh, belajar dan bereksploarasi, hal ini dudukung dengan infrastruktur dan fasilitas yang lengkap, profesor kelas dunia dan orang-orang sekitar yang tidak hanya kompetitif, namun juga bersahabat.

2. University of Hong Kong – Hong Kong

University of Hong Kong adalah salah satu universitas terbaik dari Hong Kong. Untuk diterima di universitas ini juga tidak mudah, berdasarkan data tahun 2012, universitas ini menerima  lebih dari 70.000 lamaran dan hanya 10% dari mereka yang diterima.

Walaupun berada di Hong Kong, universitas ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar nya. Universitas ini juga memiliki arsitektur bangunan ala kolonial inggris yang menjadikan nya salah satu universitas terindah di Hong Kong.

3. Nanyang Technological University – Singapore

Satu universitas lainnya yang sangat bergengsi dari Singapura, yaitu Nanyang Technological University (NTU). Universitas ini tergolong masih baru, didirikan pada tahun 1991, saat ini NTU sudah berada di peringkat #13 universitas terbaik dunia, sungguh pencapaian yang luar biasa.

NTU juga merupakan kompetitor nya NUS, biasanya peringkat mereka tidak akan selisih terlalu jauh. Baik NTU maupun NUS, keduanya merupakan universitas yang perlu kamu pertimbangkan jika ingin kuliah di Singapura.

4. Hong Kong University of Science and Technology – Hong Kong

Universitas ini fokus pada bidang STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Mahasiswa dari universitas ini juga sangat kompetitif, dari informasi yang saya telusuri, banyak dari mereka yang mendapat nilai akhir B meski sudah memperoleh nilai 90 secara keseluruhan.

Universitas ini juga memperkerjakan para pengajar terbaik di bidang nya. Banyak pengajar di universitas ini adalah lulusan PhD dari universitas top Amerika. Meski baru berdiri pada tahun 1994, HKUST tahun ini berada di peringkat #36 universitas terbaik dunia.

5. Tsinghua University – China

Tsinghua adalah universitas yang sangat kompetitif. Ini adalah universitas terbaik di China. Dapat dikatakan mahasiswa di universitas ini adalah para jenius. Mereka adalah 0,3% terbaik dari 9 juta siswa di China (27 ribu siswa terbaik dari 9 juta siswa).

Tsinghua juga termasuk sekolah teknik terbaik di dunia berdasarkan penilaian Times Higher Education (THE). Universitas ini cukup besar jika dibandingkan dengan tempat-tempat atau bangunan lainnya di Beijing. Perpustakaan di universitas ini juga merupakan yang terbaik di China. Selain itu, banyak arena olahraga yang disediakan universitas ini, mulai dari lapangan sepakbola, basket, tenis, bisbol, kolam renang, kriket, hockey bahkan rugby!

6. Korea Advanced Institute of Science and Technology – South Korea

KAIST adalah salah satu universitas terbaik di Korea Selatan yang berfokus pada teknologi dan sains. Ketika berbicara tentang teknologi, barangkali KAIST merupakan salah satu pionir di Asia. Pengetahuan yang kuat pada Matematika akan sangat membantu dalam menjalani perkuliahan disini.

Di KAIST, kita akan bersaing para pemikir hebat dari Korea. KAIST juga terkenal dengan sistem pembelajaran dan penelitian nya yang keras. Salah satu mahasiswa juga mengaku sungguh sulit untuk mendapat IP tinggi karena persaingan nya yang ketat.

7. City University of Hong Kong – Hong Kong

Sejujurnya saya sedikit terkejut universitas ini dapat berada di peringkat 7, tentu ini adalah pencapaian yang luar biasa bagi CityUHK. Universitas ini memiliki reputasi yang baik. Setiap tahun nya, ratusan siswa dari berbagai negara datang kesini untuk menuntut ilmu.

Fasilitas yang disediakan di universitas ini juga lengkap, terdapat lapangan tenis, squash, kolam renang, gym dan lainnya. Profesor disini juga merupakan salah satu yang terbaik di bidang nya dan pada umumnya mereka sangat terbuka dengan mahasiswa.

8. Chinese University of Hong Kong – Hong Kong

Chinese University of Hong Kong adalah universitas tertua di Hong Kong. Pertama kali didirikan pada tahun 1949, saat ini ChineseUHK memiliki 9 sekolah dan 8 fakultas akademik. Universitas ini juga menjadi satu-satu nya universitas di Hong Kong yang pernah mendapatkan Nobel Prize, Turing Award, Fields Medal dan Veblen Good.

Jika dilihat dari penghargaan dan kualitas penelitian nya, ChineseUHK merupakan salah satu universitas top di Hong Kong.

9. Peking University – China

Peking University adalah universitas yang indah. Danau nya, arsitektur bangunan nya, pepohonan nya, Peking University merupakan salah satu universitas terindah di dunia. Selain itu, universitas ini juga sangat besar, sudah seperti layaknya kota. Sebagian besar mahasiswa mengendarai sepeda untuk berpindah dari satu kelas ke kelas lainnya.

Tidak hanya indah, dari segi kualitas tentu Peking tidak diragukan lagi, Peking University berada di peringkat #37 universitas terbaik dunia berdasarkan penilaian QS World Univ Ranking. Salah satu alumni nya yang terkenal yaitu Robin Li pendiri Baidu,Inc.

10. Seoul National University – South Korea

Seoul National University merupakan universitas terbaik di Korea. Setiap tahun nya siswa-siswi dari Korea berlomba-lomba untuk bisa masuk dan belajar di universitas ini. Sebagai ilustrasi, hanya 0,5% dari seluruh siswa tingkat akhir di Korea yang diterima di universitas ini (3.000 dari 600.000 siswa). Barangkali universitas ini adalah salah satu yang paling bergengsi di Korea.

***

Lalu, bagaimana dengan Indonesia ?

Perwakilan dari Indonesia yaitu Universitas Indonesia berada di peringkat 67, Institut Teknologi Bandung (peringkat 88) dan Universitas Gadjah Mada (peringkat 105). Jika dibandingkan dengan tahun lalu, universitas dari Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, dimana tahun lalu Unversitas Indonesia berada di peringkat 79, Institut Teknologi Bandung (122) dan Universitas Gadjah Mada (137).

Terlepas dari ini semua, kembali lagi kepada setiap individu. Dimana pun kita berkuliah, jika serius dan bersungguh-sungguh, pasti itu akan bermanfaat. Namun, perlu diketahui bahwa lingkungan dimana kita berada juga memainkan peranan yang penting. Individu yang serius dan sungguh-sungguh jika didukung dengan fasilitas, kualitas serta lingkungan(universitas) yang juga baik, tentu akan menghasilkan individu yang jauh lebih baik.

Semoga bermanfaat.

7 Replies to “10 Universitas Terbaik di Asia 2017”

    1. Tidak juga sih, menurut saya kualitas suatu universitas itu bisa dinilai dari beberapa faktor seperti tenaga pengajar, kuantitas dan kualitas penelitian yang dihasilkan, fasilitas, alumni, dsb.
      Thaanks sudah mampir ^^

    1. University of Tokyo, Tokyo Institute of Technology dan Kyoto University masing-masing berada di peringkat 13, 14 dan 15 di Asia menurut penilaian QS World Ranking 🙂

  1. Bisa referensikan utk anak saya yg ingin ambil jurusan kimia di China? Kl bs sih yg China bagian selatan, kl utara cuacanya sangat dingin.

    1. Di Selatan China salah satu univ yang bagus itu Sun Yat-Sen University yg ada di kota GuangZhou.
      Kenapa tidak pertimbangkan HongKong saja? Letak nya tidak jauh dari Selatan China dan banyak univ yang bagus disana salah satunya yang saya sebutkan di artikel ini.
      Semoga bermanfaat 🙂

      1. kalau di hongkong ga bisa sekalian belajar mandarin. lagian biaya hidupnya salah satu paling mahal didunia. kalau di china selain murah pulang pulang mandarinnya dijamin lancar he he he

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *