10 Negara Terbaik Untuk Berkuliah

Saat ini berkuliah di luar negeri sudah menjadi impian banyak orang. Belajar di luar negeri mungkin akan menjadi salah satu pengalaman yang paling bermanfaat untuk mereka atau kami para generasi muda bangsa ini. Kualitas pendidikan, belajar bahasa dan budaya baru serta karir yang lebih menjanjikan menjadi segelintir alasan mereka untuk berkuliah di luar negeri.

Namun sebelum itu, tentunya kita harus memilih negara mana yang akan menjadi tujuan kita untuk menempuh pendidikan. Berikut adalah 10 negara terbaik untuk berkuliah yang dinilai berdasarkan kualitas hidup, kualitas pendidikan, budaya dan faktor lainnya yang sudah saya telusuri sebelum nya dari berbagai sumber.

1. Amerika Serikat

as

Amerika merupakan salah satu negara favorit bagi pelajar internasional untuk menempuh pendidikan. Amerika saya tempatkan pada posisi pertama karena negara ini adalah rumah bagi universitas-universitas terbaik dunia, sebagian besar universitas terbaik dunia seperti MIT, Harvard, Stanford, Princeton, Yale berada di negara paman sam ini. Lebih dari 750.000 siswa internasional terdaftar di universitas di AS setiap tahun nya.

Boston dan San Fransisco merupakan kota favorit mahasiswa untuk menempuh pendidikan di Amerika. Boston merupakan rumah bagi MIT dan Harvard, sedangkan San Fransisco adalah rumah bagi Stanford. Belajar di Amerika Serikat tentu akan menjadi pengalaman mencengangkan dalam hidup Anda.

(Baca juga: 5 Sekolah Bisnis Terbaik Amerika)

2. Inggris

inggris

Negara ini memiliki universitas berkualitas tinggi. Tentu kita mengenal University of Cambridge dan University of Oxford, salah satu universitas terbaik dan tertua di dunia. Kedua universitas tersebut bermarkas di negara ini, selain itu University College London, Imperial College London, University of Manchester juga berada di negara ini. Inggris juga sering disebut sebagai negara yang memiliki 2 musim dalam sehari, artinya cuaca disana tidak menentu. Hujan bisa datang suatu waktu meskipun cuaca saat itu sedang terik.

Dengan campuran lokasi antara pedesaan dan perkotaan, siswa di Inggris tidak akan merasa bosan dengan pemandangan yang ditawarkan. Terlebih lagi jika Anda diterima di Cambridge atau Oxford yang merupakan salah satu universitas terindah di dunia, berjalan menuju kelas akan membuat Anda bertambah semangat.

3. Australia

australia

Australia merupakan salah satu negara favorit mahasiswa Indonesia untuk belajar, ada sekitar 17.000 mahasiswa Indonesia yang saat ini menempuh pendidikan di negeri kangguru tersebut. Australia memiliki Melbourne dan Sydney yang merupakan salah satu negara terbaik untuk siswa Internasional untuk menempuh pendidikan.

Selain itu, dari segi kualitas juga Australia tidak kalah dengan Amerika dan Inggris. Tahun ini Australian National University berada di urutan 19 universitas terbaik dunia, disusul oleh University of Melbourne yang berada di urutan 42 dunia berdasarkan penilaian QS University Ranking.

4. Kanada

canada

Kanada merupakan negara yang indah, bersih dan memiliki sistem transportasi umum yang baik. Kanada merupakan rumah bagi 250.000 pelajar internanasional dalam menempuh studi mereka. Universitas dan sistem pendidikan di Kanada juga bereputasi tinggi dan sangat dihormati, McGill University, University of Toronto dan University of British Columbia merupakan 3 universitas papan atas dunia dari Kanada (Baca juga : 5 Universitas Terbaik Kanada Dalam Ilmu Komputer).

Selain itu, Kanada yang berbatasan dengan Amerika Serikat sehingga memberikan akses yang mudah untuk bepergian ke sana. Ketenangan, lingkungan yang multikultural dan orang-orang yang ramah menjadi salah satu faktor siswa internasional memilih Kanada untuk belajar.

5. Jerman

germany

Tahukah kamu bahwa seratus tahun yang lalu setengah dari jumlah mahasiswa yang studi di luar negeri belajar di Jerman ? Pada saat itu Jerman merupakan magnet bagi mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan terbaik. Negara Jerman terletak di jantung Eropa dengan 82 juta penduduk tinggal disana.

Dari segi kualitas, Jerman cukup menonjol dalam bidang Teknik. Beberapa universitas di Jerman memiliki peringkat yang tinggi dalam bidang teknik seperti Technische Universitat Munchen dan Karlsruhe Institute of Technology. Namun, untuk bisa kuliah di Jerman sebaiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu kemampuan bahasa Jerman Anda dengan matang, karena sebagian besar perkuliahan menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar.

6. Finlandia

finland-helsinki

Banyak sekali kemudahan yang ditawarkan negara ini bagi para pelajar. Selain biaya kuliah yang gratis, para pelajar juga diberi keringanan lainnya seperti potongan biaya transport, makan di kantin, potongan fasilitas olahraga, apartment dan lainnya. Masyarakat Finlandia juga sangat ramah dan mensupport para pelajar di negara ini, tidak sedikit dari mereka yang sudah berumur tetapi masih mengambil kuliah S1 di berbagai bidang, salah satu alasan nya karena biaya kuliah yang gratis. Selain itu, negara ini juga terkenal karena indah, tenang, aman dan nyaman, sangat cocok bagi mereka yang menyukai ketenangn dan jauh dari hiruk piruk kota besar. Dari segi kualitas pendidikan, tentu tidak diragukan lagi, Finlandia merupakan salah satu negara yang memiliki sistem dan kurikulum pendidikan terbaik di dunia.

7. Jepang

japan

Jepang kaya akan keindahan alam, keanekaragaman makanan dan sejarah. Jepang berada di garis terdepan modernisasi tetapi masih tetap dapat menjaga kebudayaan khas Jepang dengan baik. Jepang juga terkenal dengan orang-orang nya yang sopan, tertib, bersih dan yang paling mengagumkan adalah ketepatan waktu nya.

Sebagian besar universitas di Jepang unggul di berbagai bidang, terutama sains, teknologi dan teknik. Selain itu, lokasi nya yang berada di benua Asia membuat Jepang tidaklah jauh dari Indonesia serta biaya kuliah nya juga tergolong lebih murah bila dibandingkan negara di Eropa dan Amerika.

8. Taiwan

taiwan

Taiwan adalah negara yang berada di Asia Timur Samudra Pasifik Barat di Lepas Pantai Tenggara China. Umumnya iklim di Taiwan adalah subtropis, dimana musim panas dimulai sejak Mei hingga September dan musim dingin dimulai sejak awal bulan Oktober sampai akhir Maret. WEF (World Economy Forum) juga melaporkan bahwa Taiwan memiliki peringkat tinggi dalam hal kualitas dan daya saing dunia dengan biaya pendidikan dan biaya hidup di Taiwan tergolong sangat terjangkau.

Jumlah mahasiswa internasional di Taiwan terus mengalami peningkatan. Hingga saat ini ada lebih dari 40.000 mahasiswa internasional yang menempuh pendidikan di sana, hal ini membuktikan bahwa Taiwan dapat menjadi salah satu pilihan untuk melanjutkan studi di luar negeri. Beberapa universitas Taiwan yang berada di peringkat atas dunia, yaitu National Taiwan University, National Tsing Hua University, Natioanl Chiao Tung University serta masih banyak lagi universitas-universitas Taiwan yang setiap tahun nya terus mengalami peningkatan.

9. Swiss

Terkenal dengan kualitas pendidikan nya yang tinggi, beragam budaya dan kegiatan-kegiatan menanatang, Swiss merupakan negara yang perlu Anda pertimbangkan untuk kuliah di luar negeri. Swiss merupakan negara dimana Albert Einstein memperoleh kemampuan teknisnya dan mendapatkan inspirasi untuk membuat teori relativitas dan karya-karya beliau lain nya.

Universitas kondang dari negara ini yaitu ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology) merupakan salah satu dari 5 universitas terbaik dunia dalam bidang teknologi. Swiss merupakan sebuah negara kecil tetapi letaknya yang berada di tengah benua Eropa, membuat siswa dapat dengan mudah menjelajahi dan melakukan perjalanan jauh untuk menuju satu negara ke negara lain di Eropa.

10.Singapura

singapore

Kualitas pendidikan di Singapura tak bisa di anggap remeh. Tahun ini, dua universitas terbaik dari Singapura yaitu National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) masing-masing berada di urutan 12 dan 13 universitas terbaik dunia. Sungguh merupakan prestasi yang luar biasa, terlebih lagi NTU yang baru didirikan pada tahun 1991 dan sekarang ini sudah berada di urutan 13 dunia.

Lokasi Singapura yang cukup dekat dengan Indonesia menjadikan Singapura menjadi salah satu negara pilihan siswa Indonesia untuk berkuliah. Lebih dari 24.000 siswa Indonesia saat ini sedang menempuh di negara seribu satu larangan itu. Kelebihan lain dari kuliah di Singapura adalah keragaman suku bangsa dan bahasa di sana. Keberagaman ini dapat membantu kita mengenal dan mempelajari bahasa serta budaya asing.

Bonus:

Perancis

perancis

Negara romantis ini selain menjadi pilihan utama para pengantin baru, juga menjadi pilihan para siswa internasional untuk melanjutkan pendidikan. Perancis memiliki sistem pendidikan yang baik, namun jika berminat untuk menempuh pendidikan di Perancis, sebaiknya belajarlah bahasa Perancis dari sekarang. Sebagian besar universitas di Perancis menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa pengantar nya terutama untuk universitas-universitas negeri.

Selain itu sebaiknya sediakan pakaian yang cukup hangat bila sudah pasti akan ke negara ini seperti sweater, syal, topi dan sarung tangan, karena suhu disana dibawah 0° kadang juga minus (-). Universitas yang terkenal dari negara ini salah satu nya adalah Ecole Normale Superieure, Paris yang berada di urutan 23 universitas terbaik dunia.

***

Tidak bisa dipungkiri kualitas pendidikan di luar negeri lebih baik daripada kualitas pendidikan di Indonesia saat ini. Selain itu, kuliah di luar negeri memberikan pengalaman hidup yang berharga, wawasan global, hidup mandiri, koneksi dengan orang-orang dari seluruh dunia, mempelajari bahasa dan budaya baru serta masih banyak manfaat lain dari berkuliah di luar negeri. Selamat belajar, selamat meneruskan perjalanan mulia ke tempat-tempat jauh.

Semoga bermanfaat.

One Reply to “10 Negara Terbaik Untuk Berkuliah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *