10 Manfaat Membaca: Kenapa Kamu Harus Membaca Setiap Hari

Kapan terakhir kali kamu membaca buku, artikel atau sekedar membaca majalah ? Apakah selama ini kamu hanya membaca status teman mu di media sosial ? Jika kamu termasuk orang yang tidak gemar membaca, barangkali kamu harus menanamkan minat baca mulai sekarang: aktivitas membaca memiliki sejumlah menfaat, berikut 10 manfaat membaca.

1. Stimulasi Mental (Mental Stimulation)

Seperti hal nya otot-otot pada tubuh kita, otak juga memerlukan latihan untuk menjaga daya ingat dan kesehatan otak. Stimulasi mental merupakan kebutuhan dasar setiap orang untuk merangsang kemampuan membaca, bahasa, sosialisasi dan kemandirian. Selain membaca, aktivitas yang mengasah otak seperti bermain catur atau menyusun puzzle juga dapat membantu melatih stimulasi mental.

2. Mengurangi Stres (Stress Reduction)

mengurangistres

Bukan masalah seberapa stres kamu di tempat kerja, pada hubungan pribadi atau serangkaian masalah yang kamu hadapai sehari-hari, itu semua akan menyelinap pergi ketika kamu dihadapkan pada sebuah cerita besar. Bacalah novel, sebuah novel yang ditulis dengan baik dapat mengantarkan kamu ke dunia lain dan sebuah artikel yang menarik dapat mengalihkan perhatian mu untuk berada pada momen kini. Biarkan ketegangan mengalir pergi, nikmati bacaanmu, izinkan dirimu untuk bersantai dan stabilkan suasana hati.

3. Pengetahuan (Knowledge)

buku sumber pengetahuan

Segala yang kamu baca akan tertanam di dalam kepala mu, dan suatu waktu informasi tersebut akan muncul dan mungkin akan berguna. Semakin banyak pengetahuan yang kamu miliki, semakin banyak senjata yang dapat kamu gunakan untuk menghadapi setiap tantangan yang akan kamu hadapi. Selain itu, ini sedikit pil untuk kamu berpikir: bayangkan kamu berada pada kondisi terburuk, kamu kehilangan segalanya—pekerjaan, harta benda, uang bahkan kesehatan mu—namun satu hal yang pasti, pengetahuan tidak pernah bisa diambil dari dirimu.

4. Memperluas Kosakata (Vocabulary Expansion)

Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak kata yang bisa kamu pelajari, bahkan kata yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Dengan menguasai banyak kosakata otomatis hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan berbicara kamu. Selain itu, membaca buku juga sangat penting saat kamu belajar bahasa baru yang akan membantumu memperluas kosakata (vocabulary) dan memahami struktur penulisan suatu bahasa.

5. Meningkatkan Kualitas Memori (Memory Improvement)

meningkatkan kualitas memori

Ketika kamu membaca buku, kamu harus mengingat bermacam-macam karakter, latar belakang nya, ambisinya, sejarah dan berbagai unsur lainnya hingga menenun menjadi sebuah cerita. Otak adalah hal yang luar biasa dan bisa mengingat hal-hal tersebut dengan mudah. Mengagumkan, setiap memori yang baru kamu buat akan menempa synapses (jalur otak) yang baru dan akan memperkuat memori yang sudah ada sehingga dapat memperkuat kemampuan mengingat mu.

6. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis (Stronger Analytical Thinking Skills)

Pernahkah kamu membaca novel yang penuh misteri, dan kamu mencoba menebak bagaimana akhir ceritanya sebelum membaca habis novel tersebut ? Jika demikian, maka kamu sudah melatih kemampuan berpikir analitis mu dari petunjuk dan rincian yang diberikan dalam novel. Kemampuan berpikir analitis dibutuhkan untuk menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi dengan berpikir kritis untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

7. Melatih Fokus dan Konsentrasi (Improved Focus and Concentration)

fokus dan konsentrasi

Dalam era internet saat ini, kita secara tidak sadar mengerjakan segala sesuatu pada satu waktu (multitasking). Dalam rentang 5 menit, seseorang mampu bekerja di kantor sambil mengecek email, chatting dengan beberapa teman, tetap terjaga pada sosial media, memantau smartphone nya dan berinteraksi dengan rekan kerja nya pada satu waktu. Kebiasaan seperti itu dapat menyebabkan meningkatnya tingkat stres seseorang dan menurunkan produktivitas.

Ketika kamu membaca buku, segala perhatianmu terfokus pada isi atau cerita dalam buku. Cobalah membaca selama 15-20 menit sebelum beraktivitas (misalnya pada saat pagi hari), dan kamu akan melihat betapa jauh lebih fokusnya dirimu mengawali hari.

8. Menulis Dengan Lebih Baik (Better Writing Skills)

Writing

Penulis perlu membaca. A lot. Kamu tidak dapat menulis dengan baik tanpa banyak membaca. Banyak dari mereka yang merupakan penulis terkenal adalah orang yang suka membaca, orang yang mencintai buku. Dengan membaca, kita dapat balajar bagaimana style menulis setiap penulis, bagaimana ia menuangkan pemikiran nya, bagaimana ia mengaitkan dan menghubungkan setiap kata menjadi satu kesatuan yang memiliki arti dan makna bagi pembaca.

9. Ketenangan (Tranquility)

Terdapat banyak buku spiritual yang dapat membawa kamu menjadi lebih damai dan tenang. Saya merekomendasikan buku Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya yang ditulis oleh Ajahn Brahm untuk kamu baca. Selain itu, menurut penelitian, membaca buku spiritual juga dapat menurunkan tekanan darah, membantu orang dengan gangguan mood atau mental tertentu.

10. Membuat Hari mu Lebih Menyenangkan (Brighten your day)

happy reader

Sebuah cerita yang berakhir bahagia (happy ending) dapat mengangkat semangat dan menghidupkan perasaan positif dalam dirimu. Selain itu, novel-novel ber-genre science fiction yang memerlukan daya imajinasi dapat memanjakan otak mu yang sering digunakan untuk hal-hal serius dan melelahkan akibat dari rutinitas.

Semoga Bermanfaat.

3 Replies to “10 Manfaat Membaca: Kenapa Kamu Harus Membaca Setiap Hari”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *